Wali Kota Bobby Minta Tak Buang Sampah Sembarangan, Warganet: Mau Dibuang ke Mana Pak? Mobil Sampah Sebulan Sekali Nggak Lewat

JAKARTA - Wali Kota Medan Bobby Nasution tidak bosan mengingatkan warganya untuk membuang sampah pada tempatnya, bukan di sungai atau di parit. Hal ini untuk mendukung upaya normalisasi sungai dan drainase Kota Medan.

"Membuang sampah sembarang menjadi masalah yang sering menjadi topik perbincangan. Edukasi dan sosialisasi merupakan salah satu jalan guna menyukseskan program normalisasi sungai dan drainase agar permasalahan banjir dapat segara terselesaikan," kata Bobby dalam akun instagramnya @bobbynst dikutip Selasa, 27 April.

Dengan dukungan dan kerja sama masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, kata dia, selain mendukung program normalisasi sungai, juga berdampak baik pada masyarakat. Yakni dengan normalnya aliran sungai, maka banjir tidak akan terjadi.

"Tentunya hal ini diperlukan dukungan serta tindakan dari seluruh masyarakat Kota Medan, dengan berkolaborasi dari seluruh pihak mari kita berhenti membuang sampah sembarang serta menjaga kebersihan drainase dan sungai." kata suami Kahiyang Ayu ini.

Unggahan menantu Presiden Joko Widodo ini mendapatkan beberapa saran dan dukungan dari warganet. Diantaranya Bobby diminta membuat pemantauan dan sanksi bagi pelanggar.

"Setelah bersih usul bang dilakukan pantauan dan sanksi juga," kata @ rahmat_r_syahputra.

"Betul Pak...di lingkungan saya sendiri masyarakat nya kurang sekali mengenai "Buang Sampah Pada Tempat nya" seperti nya edukasi ke masyarakat di kota Medan yg masih sangat kurang dan selama 6tahun saya tinggal di lingkungan saat ini belum pernah ada masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan nya,"  kata @merylesmanagiri menimpali.

"Izin pak. Harus buat spanduk untuk himbauan kepada masyarakat pak edukasi kepada masyarakat. Maaf pak🙏 hanya masukkan," kata @panggabeanpicer.

"Berlakukan denda saja sbg sanksi bagi mereka yg buang sampah sembarangan👍," kata @syarifsinaga.

Namun ada juga yang berkomentar lain. Dia malah bertanya kepada Bobby. "Abis mau buang kemana Pak? Mobil sampah aja sebulan entah ada sekali gak lewat," kata @johanes_tan.