Astra Bagi Dividen Rp4,62 Triliun, Cek Jadwal Pembagiannya

JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Astra International Tbk yang berlangsung hari ini, Kamis 24 April, resmi menyetujui pembagian dividen atas laba bersih 2020, yakni senilai Rp4,62 triliun. Dividen perusahaan bersandi saham ASII ini setara dengan Rp114/saham yang dibagikan sebagai dividen tunai.

Jumlah tersebut, termasuk di dalamnya dividen interim sebesar Rp27/saham atau seluruhnya berjumlah Rp1,09 triliun yang telah dibayarkan pada 27 Oktober 2020. Berarti, sisa dividen sebesar Rp87/saham atau seluruhnya berjumlah Rp3,52 triliun akan dibayarkan pada 25 Mei 2021 kepada pemegang saham perseroan yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham perseroan pada 4 Mei 2021 pukul 16:00 WIB.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders atas dukungan penuh yang telah diberikan. Walaupun kinerja usaha Grup perlahan membaik pada beberapa bulan terakhir, prospek kinerja tahun ini masih dibayangi oleh ketidakpastian akibat dampak dari pandemi yang masih berlanjut," kata Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro.

Sisa laba Astra International senilai Rp11,55 dibukukan sebagai laba ditahan perseroan. Tahun lalu, raksasa otomotif Tanag Air ini mencatatkan laba bersih turun 26 persen menjadi Rp16,16 triliun pada 2020, dibandingkan 2019 yang tercatat sebesar Rp21,71 triliun.

Penurunan laba bersih Astra disebabkan karena penurunan pendapatan bersih sebesar 2 persen menjadi Rp175,05 triliun dari Rp 237,17 triliun pada periode waktu yang sama.

RUPST juga menerima pengunduran diri Mark Spencer Greenberg selaku komisaris perseroan.

Dengan demikian, susunan anggota Dewan Komisaris Perseroan berubah menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris Perseroan

Presiden Komisaris: Prijono Sugiarto

Komisaris Independen: Sri Indrastuti Hadiputranto

Komisaris Independen: Rahmat Waluyanto

Komisaris Independen: Apinont Suchewaboripont

Komisaris: Anthony John Liddell Nightingale

Komisaris: Benjamin William Keswick

Komisaris: John Raymond Witt

Komisaris: Stephen Patrick Gore

Komisaris: Benjamin Birks

Susunan ini terhitung sejak ditutupnya RUPST sampai dengan RUPST 2023 perseroan, kecuali untuk John Raymond Witt dan Stephen Patrick Gore sampai dengan RUPST 2022 perseroan.