Fitur Live Shopee Tingkatkan Penjualan UMKM Hingga 1 Miliar Produk

JAKARTA - Berbagai inovasi Shopee untuk menumbuhkan kecintaan terhadap produk lokal mencatat hasil positif. Sepanjang 2024, penjualan produk lokal di kanal Shopee Pilih Lokal melonjak lebih dari 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Inovasi menjadi kunci agar terus dapat relevan, menjaga kepercayaan, dan bisa terus bertumbuh. Dari pemahaman ini, kami sebagai platform e-commerce juga berusaha melahirkan berbagai inovasi baru; mulai dari program, fitur, dan inisiatif yang mendukung seluruh ekosistem kami untuk juga bisa berinovasi dan menciptakan banyak dampak positif bersama,” kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto. 

Tidak hanya itu, beberapa program dan fitur Shopee juga menunjukkan hasil yang positif. Seperti, program kampanye 12.12 Birthday Sale berhasil membantu meningkatkan penjualan produk lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa. 

Konten interaktif seperti video dan live streaming juga menjadi pendorong inovasi. Fitur Shopee Live, yang dapat digunakan oleh Penjual maupun Kreator untuk sesi live streaming, telah ditonton sebanyak 735 juta jam sepanjang tahun 2024. 

Di tahun 2024, Shopee Live juga mencatatkan kenaikan jumlah Konten Kreator hingga 50% lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, membuka peluang bagi siapapun untuk mewujudkan mimpi mereka melalui Shopee.

Kenaikan ini juga berdampak positif terhadap penjualan produk UMKM, yang secara total telah terjual lebih dari 1 miliar produk UMKM melalui Shopee Live. 

Tidak hanya inovasi untuk pengalaman berbelanja para Pembeli, Shopee juga mendukung kebutuhan gaya hidup islami melalui fitur AI-Quran dan Kiblat yang yang tersedia pada kanal Shopee Barokah dan telah digunakan lebih dari 25 juta kali hingga tahun 2024.

“Kami senang bisa menjadi platform inklusif yang dapat mendorong inovasi serta menemani pengguna dalam keseharian mereka di sepanjang tahun ini. Terima kasih atas kepercayaannya pada Shopee," tambah Christin.