Penuhi Semua Persyaratan, Indomie Dinobatkan sebagai Global Halal Brand 2024
JAKARTA - Indomie yang diproduksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood CBP) dinobatkan sebagai Global Halal Brand 2024 dalam kategori mi instan.
Penghargaan ini diberikan dalam acara Top Halal Award 2024 yang diselenggarakan oleh IHATEC Marketing Research. Top Halal Award adalah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau merek dengan menempati posisi teratas dalam survei Top Halal Index, yang menilai produk halal di pasar global.
Adapun penghargaan diserahkan oleh Direktur IHATEC Marketing Research Evrin Lutfika, kepada Ketua Sekretariat Halal Grup Indofood Agus Suprapta, yang mewakili Indomie.
Ervin mengatakan, tujuan dari Top Halal Award adalah untuk memotivasi perusahaan agar menjadikan halal sebagai keunggulan utama mereka serta membantu konsumen dalam memilih merek halal yang terpercaya dan berkualitas.
"Tahun ini adalah kali pertama IHATEC memberikan penghargaan Global Halal Brand untuk kategori-kategori seperti mi instan, permen, kopi bubuk, kacang, kafe dan Kosmetik," ujarnya.
Agus menyatakan, kebanggaannya atas pengakuan global yang diterima oleh Indomie sebagai merek halal yang tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga disukai di banyak negara. Penghargaan ini merupakan bentuk cinta dari para penggemar Indomie di seluruh dunia.
"Ini akan menjadi semangat bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan produk halal terbaik kepada konsumen," kata dia.
Diketahui, Top Halal Award 2024 ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh IHATEC pada Agustus 2024, melibatkan responden dari 27 negara di luar Indonesia. Termasuk 12 negara di Asia, 8 negara di Eropa serta Turki, Amerika Serikat, Brasil, Australia, New Zealand, Nigeria dan Afrika Selatan. Survei dilakukan secara daring, menanyakan tentang produk halal asal Indonesia yang paling dikenal dan diminati di pasar global.
Penghargaan Global Halal Brand ini didasarkan pada dua elemen utama: elemen brand dan halal. Elemen brand mencakup tiga parameter, yaitu halal brand awareness (kesadaran merek halal), halal brand usage (merek halal yang terakhir dibeli) dan future intention (merek halal yang akan dibeli di masa mendatang). Sementara itu, elemen halal mengukur tingkat keyakinan konsumen terhadap kehalalan produk yang terakhir mereka beli.
BACA JUGA:
Menurut Agus, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk memastikan seluruh produk makanan yang diproduksinya. Termasuk, Indomie telah memenuhi persyaratan halal yang ditetapkan oleh pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Indofood telah memperoleh Sertifikat Halal dan menerapkan Sistem Jaminan Produk Halal yang ketat untuk memastikan bahwa semua proses, mulai dari bahan baku hingga distribusi, sesuai dengan standar halal.
Penghargaan Global Halal Brand ini memperkuat posisi Indomie sebagai salah satu merek global yang tidak hanya digemari di berbagai negara, tetapi juga diakui kualitas dan kehalalannya oleh konsumen dunia.