Lazada Luncurkan AI Lazzie, Layanan Interaktif Berbasis GenAI

JAKARTA - Mengikuti peluncuran laporan “Adopsi Penggunaan Artificial Intelligence di Asia Tenggara” pada Jumat, 1 November, Lazada juga mengumumkan peluncuran AI Lazzie, sebuah fitur baru berbasis GenAI.

AI Lazzie merupakan layanan interaktif dan terintegrasi yang dirancang untuk menjadi asisten belanja yang dipersonalisasi untuk melayani selama 24/7.

AI Lazzie hadir dengan empat fitur utama, yang diklaim dapat meningkatkan proses transaksi pelanggan dan penjual, di antaranya adalah:

Pesan+: Messaging tool atau alat perpesanan yang dipersonalisasi di aplikasi, dapat memberikan respons sesuai dengan konteks, rekomendasi belanja yang lebih personal, akses ke voucher dan kode promo yang tersembunyi, serta paket belanja spesial sebagai penawaran terbaik.

Model Try-On: Pengalaman belanja yang memungkinkan pengguna memilih model virtual untuk mencari ukuran dan bentuk pakaian yang tepat. Fitur ini juga dapat merekomendasikan ukuran pakaian berdasarkan model AI.

Deskripsi Produk Berbasis AI: Deskripsi produk yang menarik di halaman informasi produk, dirancang, dan dihasilkan sepenuhnya oleh AI secara langsung untuk menyoroti keunggulan utama produk yang sesuai dengan preferensi pengguna.

Ulasan Cerdas Berbasis AI: Fitur yang dapat merangkum ulasan-ulasan produk secara cerdas dan menawarkan pelanggan informasi ringkas dari pembeli lainnya untuk membuat keputusan belanja lebih tepat dan cepat.

AI Lazzie didukung oleh teknologi OpenAI ChatGPT, yang akan memberikan saran dan rekomendasi produk yang terpersonalisasi, dengan mempertimbangkan preferensi pembeli, riwayat pembelian, dan konteks pertanyaan, sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman belanja yang lebih optimal.

“AI telah menjadi bagian terpadukan dari lanskap eCommerce, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan pengalaman pelanggan yang lebih personal dalam skala besar,” kata Chief Technology Officer, Lazada Group, Howard Wang.