Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi dangdut koplo ternama, Denny Caknan, mengaku ketagihan belanja online di platform eCommerce. Jadwal padat pedangdut asal Surabaya ini rupanya membuatnya harus meninggalkan kebiasaan belanja secara konvensional dan beralih ke platform digital.

“Awalnya, sih, enakan liat dan pilih langsung biar bisa cocok-cocokan. Tapi, karena jadwal puadat buanget, belanja online udah jadi solusi belakangan ini, karena lebih sat set dan menawarkan diskon besar, pengiriman cepat, dan gratis ongkir,” cerita Denny dalam keterangan resmi Lazada yang diterima VOI.

Denny Caknan rupanya bukan satu-satunya yang memilih untuk beralih ke platform digital untuk belanja karena kenyamanan yang ditawarkan. Data We Are Social menyatakan bahwa faktor kupon dan diskon (52,3%) serta promo gratis ongkir (47,4%) menjadi pendorong utama konsumen berbelanja online. Berbagai penawaran ini membuat aktivitas belanja online semakin digemari masyarakat Indonesia. Data We Are Social juga mengungkap tingginya minat belanja online di Indonesia,dengan sebanyak 59,3% pengguna internet Indonesia berbelanja online, tertinggi ke-9 di dunia.

Sejalan dengan temuan ini, Denny juga mengungkapkan kebiasaan belanja online-nya yang didorong iklan dan promosi yang menggiurkan di platform eCommerce. Kini, saking seringnya, ia mengaku tak lagi dapat menghitung berapa kali ia belanja online dalam sebulan.

Berikut beberapa tips dan pengalaman untung berbelanja online ala dirinya, khususnya di platform eCommerce. Yuk kita cek apa saja yang dibagikan pelantun lagu "Widodari" ini.

1. Selalu dan tetap ceki kredibilitas toko

Meski menawarkan harga dan promo yang menarik, Denny mengaku tak akan begitu saja membeli produk di eCommerce. Baginya, kualitas barang melalui pengecekan ulasan produk dan rating toko. Ia lakukan ini untuk menjamin kepuasannya sebagai pelanggan.

“Biasanya, aku pertimbangin ulasan pelanggan, berapa banyak produk yang terjual di toko itu, sampai rating tokonya. Itu semua buat ngecek tokonya trustedatau enggak,” jelasnya.

2. Tanya-tanya dulu sama chatbot

Tak cuma mempelajari ulasan produk dan rating toko, Denny juga terbuka terhadap berbagai fitur yang dapat membantu memudahkan pengalaman belanja online-nya. Salah satu fitur yang ia sukai adalah chatbot.

Serangkaian fitur terbaru yang didukung teknologi GenAI di bawah AI Lazzie, termasuk fitur AI chatbot “Pesan+”, untuk membantu pelanggan berbelanja online dengan lebih personal, interaktif, dan efisien selama 24/7.

“Fitur belanja paling ngebantu, sih, chatbot,” ucap Denny.

3. Belanja sesuai kebutuhan

Denny juga menceritakan kebiasaannya berbelanja kebutuhan rumah tangga bersama sang istri di kanal belanja barang kebutuha harian. Meski tak memiliki anggaran tersendiri untuk pengeluaran belanja online, ia mengaku belanja sesuai dengan kebutuhan.

“Kalau belanja, pasti sesuai kebutuhan. Tapi, kadang ada aja kan, ya, kebutuhannya, hahaha,” tuturnya.

4. Manfaatin promo di tanggal kembar

Kebiasaannya berbelanja online telah membuatnya lebih jeli dalam melihat promo-promo yang ditawarkan. “Kalau ada promo-promo, kan, makin hemat,” katanya, “Biar untung, udah pasti belanja di tanggal kembar, manfaatin promo dan voucher diskon yang ada di aplikasi.”