Koridor Gatsu Solo, Tempat Nongkrong Jokowi Malam Mingguan Setelah Purna Tugas sebagai Presiden

JAKARTA - Joko Widodo alias Jokowi menikmati masa-masa santainya setelah purna tugas dari jabatannya sebagai presiden. Ia menghabiskan waktu malam mingguan bersama masyarakat di Koridor Gatot Subroto (Gatsu), Solo, pada Sabtu, 29 Oktober 2024.

Momen mengunjungi Koridor Gatsu Solo ini dibagikan Jokowi lewat unggahan Instagramnya. Pada video, terlihat Jokowi datang ke tempat tersebut mengenakan kemeja putih panjang.

Jokowi ditemani oleh beberapa paspampres, yang terlihat mengamankan masyarakat yang antusias melihat Jokowi dan mencoba mendekatinya. Jokowi juga mendengarkan alunan biola pemusik jalanan.

"Menikmati malam mingguan pertama di Singosaren (berada di Koridor Gatsu), Solo, sebagai rakyat biasa. Saya sekarang akan lebih banyak waktu untuk menyapa masyarakat. Sempat juga berhenti sejenak bersama warga, menikmati alunan biola musik jalanan," tulis Jokowi pada keterangan unggahannya, dikutip pada Senin, 28 Oktober 2024.

Sementara itu, Koridor Gatsu Solo yang dikunjungi Jokowi saat malam mingguan ini merupakan area night market, yang memiliki daya tarik dengan berbagai hiburan pusat seni dan suasana hangat khas kota Solo.

Dilansir dari beberapa sumber, di Koridor Gatsu Solo terdapat banyak street food khas Solo yang nikmat. Beragam produk UMKM khas Solo juga dijajakan di tempat itu, tidak hanya makanan, tetapi juga kerajinan tangan, termasuk gantungan kunci dan tas, hingga aksesori.

Tak hanya itu, tempat itu juga menjual batik dengan berbagai variasi menarik, yang merupakan ciri khas Solo. Di sepanjang Koridor Gatsu ini juga terdapat musisi-musisi jalanan, yang melantunkan musik daerah maupun pop dengan menggunakan biola dan gitar.

Kafe dan restoran dengan interior unik juga terdapat di kawasan ini. Pengunjung juga dapat bersantai di bangku taman, belanja oleh-oleh Solo, dan berfoto di beberapa spot menarik, salah satunya pintu-pintu yang digambar unik.

Di Koridor Gatsu Solo juga ada seniman yang menawarkan jasa sketsa wajah bagi pengunjung. Terdapat juga andong yang bisa disewa untuk dinaiki, yang membuat pengalaman menghabiskan waktu di Kota Solo semakin tak terlupakan.