Bassis Grateful Dead, Phil Lesh Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun

JAKARTA - Musisi asal Amerika Serikat yang merupakan pendiri sekaligus bassis dari Grateful Dead, Phil Lesh, meninggal dunia di usia 84 tahun pada Jumat, 25 Oktober.

Kabar tersebut diumumkan pertama kali oleh keluarga lewat akun Instagram Phil Lesh. Namun, tidak disebutkan penyebab dari meninggalnya sang bassis.

“Phil Lesh, pemain bass dan anggota pendiri The Grateful Dead, meninggal dunia dengan tenang pagi ini. Ia dikelilingi oleh keluarganya dan penuh cinta,” kata perwakilan keluarga, mengutip keterangan unggahan Instagram, Senin, 28 Oktober.

“Phil membawa kebahagiaan luar biasa bagi semua orang di sekitarnya dan meninggalkan warisan berupa musik dan cinta,” lanjutnya.

Bersamaan dengan itu, pihak keluarga juga meminta agar mereka diberikan ruang selama masa berkabung. “Kami mohon agar Anda menghormati privasi keluarga Lesh saat ini.”

Adapun, perjalanan Phil Lesh bersama Grateful Dead dimulai di Palo Alto, California pada tahun 1965. Band itu didirikan bersama Jerry Garcia, Bob Weir, Ron McKernan, dan Bill Kreutzmann.

Grateful Dead dikenal sebagai ‘jam band’, yaitu grup musik yang dalam karya-karyanya, baik di studio rekaman atau panggung, menghadirkan banyak improvisasi dengan konsep jamming.

Band ini menjadi terkenal karena penampilan langsungnya yang legendaris, yang membuka jalan bagi grup populer lainnya untuk mengikutinya, seperti Phish.

Setelah Grateful Dead bubar pada tahun 1995, menyusul kematian Garcia, Lesh lebih banyak abstain dari bergabung dengan anggota yang masih hidup lainnya.

Namun, ia ikut serta dalam tur Grateful Dead tahun 2009, dan sekali lagi pada tahun 2015 untuk serangkaian konser "Fare Thee Well" yang menandai ulang tahun ke-50 band tersebut.