Google Kembangkan AI untuk Mengendalikan Komputer Secara Otomatis

JAKARTA – Google, perusahaan induk Alphabet, sedang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mampu mengambil alih kendali peramban web untuk menyelesaikan tugas seperti riset dan berbelanja. Hal ini dilaporkan  oleh The Information pada Sabtu, 26 Oktober.

Produk yang disebut dengan kode Project Jarvis ini diperkirakan akan dipamerkan pada Desember bersamaan dengan peluncuran model bahasa besar unggulan terbaru Google, Gemini.

Teknologi ini memungkinkan AI untuk berinteraksi langsung dengan peramban atau perangkat pengguna, mengotomatisasi berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan secara manual.

Perusahaan teknologi lainnya, seperti OpenAI yang didukung oleh Microsoft, juga mengeksplorasi konsep serupa melalui agen komputer yang dapat melakukan riset dan bertindak berdasarkan informasi yang ditemukan.

Google bersama perusahaan AI, Anthropic, berencana untuk mengembangkan kemampuan agen tersebut lebih jauh. Hingga berita ini diterbitkan, Google belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar dari media.