Arsenal vs Liverpool: Arteta Tak Gentar meski Diterpa Badai Cedera

JAKARTA - Arsenal menjalani laga berat pada pekan kesembilan Liga Inggris 2024/2025. The Gunners akan menjamu pemuncak klasemen, Liverpool, di Emirates pada Minggu, 28 Oktober 2024, malam WIB.

Arsenal menghadapi badai cedera menjelang bertemu The Reds. Namun, Mikel Arteta tidak mau dikasihani.

"Sampai besok, tidak (saya tidak tahu tim saya). (Akan ada) banyak gambar, banyak kemungkinan. Mungkin tim starter tidak akan menjadi tim yang menyelesaikan permainan."

"Itu terjadi setiap minggu. Saya harus bersiap untuk beberapa skenario. Seperti apa permainan yang terjadi, seberapa siap kami setelah membuat perubahan yang perlu kami lakukan, dan siapa yang tersedia untuk bermain 90 menit serta siapa yang tidak?" kata Arteta seperti dilansir ESPN.

Arsenal akan bermain tanpa William Saliba yang masih menjalani skorsing akumulasi kartu.

Bukayo Saka (hamstring), Riccardo calafiori (lutut), dan kayu Jurrien (masalah otot) masih cedera sehingga tidak dapat mengambil bagian dalam latihan pada Jumat, 25 Oktober 2024.

Kapten Martin Odegaard (pergelangan kaki) dan bek Takehiro Tomiyasu (lutut) setali tiga uang. Keduanya dikesampingkan.

Arteta mengakui pada konferensi pers Jumat bahwa ia masih tidak yakin dengan starting line-up.

Meski demikian, manajer asal Spanyol tak mau kasihan kepada timnya. Dia dengan tegas akan menghadapi apa pun situasi terkini.

"Jelas kami tidak ingin berada dalam situasi itu. Namun, kami benar-benar beruntung juga memiliki skuad yang kami miliki serta sikapnya."

"Ketika tiba-tiba bereaksi terhadap situasi yang sulit, kami tidak merasa kasihan pada diri kami sendiri, hadapi itu."

"Kami adalah tim yang kami tahu seberapa baik kami dan betapa sulitnya kami bagi lawan. Kami memiliki mentalitas bagus, sesuatu yang saya sukai."

"Saya suka menonton individu dan tim bereaksi terhadap itu," tutur Arteta lagi.

Arteta memang memiliki Jakub Kiwior dan Oleksandr Zinchenko yang tersedia. Dia masih bisa mempertimbangkan bagaimana merancang ulang pertahanannya dengan dua nama itu.

Selain itu, masih ada lulusan Akademi Arsenal, Myles Lewis-Skelly dan Ethan Nwaneri. Keduanya tampil apik di Liga Champions dalam kemenangan melawan Shakhtar Donetsk 1-0.

"Mereka selalu memberi kami pilihan dan kemungkinan untuk menjadi starter. Myles datang pada malam itu (melawan Shakhtar Donetsk). Dia melakukannya dengan sangat baik."

"Ethan sama. Mereka adalah pemain tim utama. Mereka bersama kami. Kami memperlakukan mereka dan menghargai cara yang sama seperti pemain lain."

"Mereka, terutama keduanya, sangat positif. Hal ini juga menyatukan tim dan menciptakan energi dalam tim. Itu sesuatu yang sangat bagus."

"Ini tentang memercayakan mereka pada saat terbaik dengan pemain yang tepat di sekitar mereka, yang merupakan sesuatu yang sangat penting juga," tutur Arteta.

Sementara itu, Arsenal kini ada di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris dengan 17 poin dari hasil lima kemenangan, dua seri, dan satu kekalahan.

The Gunners memenangi pertandingan kompetitif terakhir melawan Liverpool 3-1 di Emirates pada Februari 2024.