Toni Kroos Tak Tergoda Menunda Pensiun demi Bermain Bersama Kylian Mbappe

JAKARTA - Toni Kroos mengatakan bahwa ia tidak tergoda untuk menunda masa pensiunnya demi bermain bersama Kylian Mbappe di Real Madrid.

Dia mengakui tidak mudah untuk memberi tahu Manajer Carlo Ancelotti bahwa ia telah memutuskan untuk meninggalkan klub pada Mei 2024 .

Kroos memenangi 23 trofi dalam satu dekade di Los Blancos, termasuk lima Liga Champions, sebelum pensiun musim panas lalu, setelah tampil bersama Timnas Jerman di Euro 2024.

Pemenang Piala Dunia 2014 itu mampu mengakhiri kariernya dengan baik pada usia 34 tahun usai memenangi gelar La Liga dan Liga Champions musim lalu.

"Keputusan itu tidak bergantung pada apakah seorang pemain akan datang atau pergi," kata Kroos kepada Marca ketika ditanya apakah ia mempertimbangkan untuk bertahan di Madrid demi bermain dengan Mbappe, yang menyetujui kontrak lima tahun pada Juni 2024.

"Itu keputusan saya. Saya tahu Mbappe akan datang. Saya senang dia melakukannya karena dia akan membantu tim."

"Dia bisa saja datang dua tahun lalu, tetapi sekarang dia akhirnya di sini. Namun, Mbappe tidak memengaruhi keputusan saya," ujarnya lagi.

Kroos menceritakan bagaimana dia menyampaikan kabar itu kepada Ancelotti, yang melatih gelandang itu selama dua periode saat dia bertugas di Madrid.

"Sangat sulit bagi saya untuk memberi tahu Carlo. Dia berharap saya akan terus bermain. Kami memiliki hubungan yang sangat baik."

"Dia adalah pelatih pertama saya di sini, dan tidak mudah untuk memberi tahu dia, tetapi semua hal dalam hidup ini akan berakhir."

"Saya tahu dia tidak akan marah, tetapi dia akan sedikit sedih. Itu juga tidak mudah bagi saya karena sesuatu yang sangat istimewa telah berakhir."

"Saya mencoba memilih momen yang tepat. Saya beruntung kami memenangi La Liga dengan selisih tipis."

"Sya berkata ada waktu yang tepat, antara La Liga dan final Liga Champions. Setelah 10 tahun, semua orang mengenal saya dengan sangat baik,"

"Mereka tahu jika saya telah mengambil keputusan dan memikirkannya dengan matang, tidak ada jalan untuk kembali."

"Bos (Ancelotti) berkata kepada saya: 'Anda orang Jerman, tidak ada yang bisa dilakukan, kan?'" tutur Kroos.

Nomor punggung 8 milik Kroos di Real Madrid telah diberikan kepada Federico Valverde, yang sekarang bertugas menggantikan perannya di lini tengah.

"Saya mencintai (Valverde) sebagai pribadi dan sebagai pemain. Saya percaya kepadanya dan itulah mengapa saya memberinya nomor punggung 8, saya pikir itu bisa bagus untuknya."

"Sekarang dia harus mengambil tanggung jawab bermain dan mengambil risiko yang saya ambil di lapangan. Sekarang gilirannya. Saya pikir dia bisa melakukannya," ujar Kroos.

Toni Kroos mengumumkan pensiun dari karier sepak bola profesionalnya pada 21 Mei 2024, sebelum Euro 2024.

Euro 2024 menjadi perhelatan terakhirnya bersama Der Panzer. Sementara pertandingan terakhirnya di La Liga terjadi saat Real Madrid menjamu Real Betis di Santiago Bernabeu pada 25 Mei 2024.

Kroos mendapat sambutan dan penghormatan luar biasa dari suporter Los Blancos begitu digantikan pada menit ke-86.