Pantangan Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang, Perhatikan Daftarnya di Sini

YOGYAKARTA - Pengapuran tulang atau osteoarthritis merupakan penyakit degeneratif berupa peradangan kronis pada sendi yang terjadi saat tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan pelindung tulang berkurang bahkan hilang elastisitasnya seiring waktu serta mengalami kerusakan. Kondisi tersebut bisa dipengaruhi oleh beragam faktor, salah satunya yaitu makanan. Pasalnya ada sejumlah makanan yang menyebabkan pengapuran tulang yang jika sering dikonsumsi dapat menambah risiko peningkatan penyakit ini. Lantas apa saja pantangan makanan untuk penderita pengapuran tulang? Dilansir dari Healthy, simak ulasannya di bawah ini.

Ilustrasi pengapuran tulang. (Unsplash)

Pantangan Makanan untuk Penderita Pengapuran Tulang

Beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi Anda yang mengalami pengapuran tulang adalah sebagai berikut.

Makanan Tinggi Gula

Pantangan makanan untuk penderita pengapuran tulang yang pertama yaitu makanan tinggi gula, baik gula alami ataupun gula tambahan. Sebab, mengonsumsi gula secara berlebihan dapat mengakibatkan terjadinya peradangan dalam tubuh dan obesitas, sehingga berpengaruh buruk terhadap kesehatan persendian.

Oleh karena itu, makanan manis seperti permen, makanan kemasan, atau minuman manis kekinian sudah seharusnya dibatasi terutama untuk penderita osteoarthritis. Selanjutnya, selalu perhatikan tabel informasi mengenai kandungan dalam makanan atau minuman pada kemasan dan pilih makanan dengan kandungan gula yang tidak berlebihan.

Karbohidrat Olahan

Makanan penyebab pengapuran tulang selanjutnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat olahan misalnya roti putih, biskuit, atau makanan sejenisnya. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi lain yang ada di dalam makanan tersebut, seperti serat atau sumber karbohidrat lainnya akan menghilang karena telah menjalani proses pengolahan.

Selain itu, jenis makanan ini bisa menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh melonjak sehingga peradangan pada tubuh semakin meningkat.

Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam termasuk dalam makanan yang harus dihindari penderita osteoarthritis. Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa mengakibatkan cairan tertahan di dalam sel tubuh dan juga dapat menjadi pemicu terjadinya peradangan hingga pembengkakan di persendian.

Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tulang, sebaiknya kurangi konsumsi makanan atau camilan asin yang tinggi kandungan natrium. Bahkan selain dapat mencegah pengapuran tulang, mengurangi konsumsi garam juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis lainnya, salah satunya tekanan darah tinggi.

Makanan Berlemak

Salah satu makanan penyebab pengapuran tulang yaitu makanan berlemak atau yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Makanan-makanan tersebut diketahui bisa menambah kadar kolesterol LDL yang berkaitan erat dengan peningkatan risiko terjadinya peradangan sistemik.

Adapun beberapa contoh makanan tinggi lemak, antara lain:

  • Daging olahan dan daging merah.
  • Makanan cepat saji (fast food).
  • Susu penuh lemak.
  •  
  • Makanan kemasan.
  •  
  • Makanan yang digoreng.

Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-6

Pada dasarnya, asam lemak omega-6 memberikan peran penting bagi tubuh, yaitu mencegah terjadinya peradangan dan membantu pembentukan sel serta jaringan baru. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, senyawa ini justru bisa menimbulkan peradangan, khususnya bagi penderita radang sendi. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-6 yaitu kuning telur dan daging merah.

Alkohol dan Tembakau

Alkohol dan tembakau diketahui memiliki kandungan zat atau senyawa beracun yang dapat menimbulkan inflamasi atau peradangan pada sendi. Bahkan, keduanya dapat mengundang dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Makanan yang Digoreng

Selain mengandung lemak, makanan yang digoreng juga memiliki kandungan kadar AGE (advanced glycation end products) yang tinggi. AGE adalah racun atau toksin yang diproduksi oleh tubuh ketika seseorang mengonsumsi makanan yang diolah dengan suhu tinggi, seperti digoreng.

AGE dapat menimbulkan kerusakan pada protein di dalam tubuh dan mendorong sistem imun tubuh menghancurkan AGE dengan mengeluarkan sitokin. Sitokin ini bisa memicu peradangan pada tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai pantangan makanan untuk penderita pengapuran tulang. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.