5 Pantangan Makanan Penderita Penyakit Jantung, Apa Saja?
Ilustrasi (Foto: Unsplash/Robina Weermeijer)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Penderita penyakit jantung perlu mengonsumsi obat secara rutin agar dapat mengendalikan gejala dan mencegah keparahan. Selain itu, mereka juga perlu menghindari berbagai pantangan makanan penderita jantung supaya pengobatannya berjalan dengan efektif.

Lantas apa saja pantangan makanan penderita jantung? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.  

Pantangan Makanan Penderita Jantung

Sebagai informasi, penyakit jantung adalah jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Ketika seseorang divonis mengidap penyakit jantung, ia harus terus minum obat dan menerapkan gaya hidup sehat untuk meminimalisir keparahan penyakit.

Salah satu gaya hidup yang dapat diterapkan oleh penderita penyakit jantung adalah menghindari berbagai macam makanan yang tidak baik bagi kesehatan jantung.

Adapun beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan bagi penderita jantung, antara lain:

1. Makanan asin

Pantangan makanan penderita jantung yang pertama adalah makanan asin. Sumber utama rasa asin pada makanan berasal dari garam yang berlebih.

Di lain sisi, garam termasuk salah satu asupan yang kurang baik untuk kesehatan jantung, terlebih bagi penderita hipertensi (penyakit darah tinggi). Itulah mengapa, makanan tinggi garam atau asin tidak baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.

Seseorang yang menderita penyakit jantung disarankan membatasi konsumsi makanan atau camilan asin, seperti keripik kentang, macaroni, gurih, atau camilan ringan. Sebagai gantinya, pengidap penyakit jantung bisa mengonsumsi camilan sehat seperti yogurt, kacang, dan buah-buahan.  

2. Makanan tinggi lemak

Ilustrasi pantangan makanan penderita jantung
Ilustrasi pantangan makanan penderita jantung (foto: Pixabay/FotoshopTofs)

Berikutnya, penderita penyakit jantung juga perlu menghindari makanan tinggi lemak atau kolesterol. Jenis makanan ini bisa mengakibatkan kondisi jantung dan pembuluh darah memburuk.

Adapun beberapa makanan tinggi lemak yang tidak baik dikonsumsi penderita jantung yakni daging dengan lemak, pizza, dan berbagai makanan gorengan.

3. Makanan manis

Konsumsi makanan manis atau tinggi gula dalam jumlah berlebih berpotensi menyebabkan obesitas.

Nah, obesitas sendiri merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Dengan menghindari makanan manis, seperti permen, kue manis, dan es krim penderita penyakit jantung bisa menjaga berat badannya tetap ideal.

Buah kering juga termasuk pantangan makanan penderita jantung, karena tinggi gula sehingga perlu dibatasi asupannya.

4. Daging olahan

Daging olahan seperti kornet, daging asap, dan sosis juga termasuk pantangan makanan penderita jantung.

Makanan tersebut cenderung mengandung pengawet seperti nitrit dan garam sehingga berpotensi meningkatkan tekanan darah dan mengurangi aliran darah yang kaya oksigen menuju jantung.

Bila tekanan darah tinggi, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya, pembuluh arteri bekerja melebihi kapasitas dan meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung.

5. Daging merah

Tak hanya daging olahan, daging merah juga perlu dihindari oleh penderita penyakit jantung.

Jenis makanan ini mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Kadar kolesterol yang tinggi bisa mengakibatkan penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Dalam medis, kondisi ini disebut dengan aterosklerosis.

Aterosklerosis sendiri merupakan salah satu faktor risiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Kendati demikian, penderita penyakit jantung bukan berarti tidak bisa menyantap daging merah. Mereka tetap bisa mengonsumsinya asalkan menghilangkan lapisan lemak yang menempel pada daging merah.

Demikian informasi tentang pantangan makanan penderita jantung. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.