Ingat! Daftar Pantangan Makanan Penderita TBC
Pantangan makanan penderita TBC (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tuberkulosis (TBC) merupakan penyakit serius yang perlu mendapatkan perawatan ekstra. Salah satu hal yang perlu diperhatikan penderita TBC adalah pilihan makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa pantangan makanan bagi penderita TBC yang harus diingat. 

Penyakit TBC disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis pada paru-paru. Masalah kesehatan ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti sesak napas dan batuk. Untuk mempercepat penyembuhan dan agar tidak memperparah gejalanya, penderita TBC dianjurkan untuk mengonsumsi makanan mengandung protein, vitamin, kalori, lemak tidak jenuh, dan mineral. 

Di samping itu, penderita TBC juga harus menghindari jenis makanan tertentu. Lantas apa saja pantangan makanan bagi penderita TBC?

Daftar Pantangan Makanan Penderita TBC

Pasien TBC perlu mengonsumsi makanan sehat dan menghindari jenis makanan dan minuman tertentu untuk membantu penyembuhan. Berikut ini beberapa pantangan makanan dan minuman bagi penderita TBC yang perlu diperhatikan:

Makanan Tinggi Garam

Penderita TBC disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung garam tinggi. Makanan tinggi garam bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut dapat memperparah kondisi kesehatan penderita TBC, sehingga tidak boleh dikonsumsi. 

Makanan Berminyak

Makanan berminyak juga menjadi pantangan bagi pasien TBC. Makanan yang mengandung banyak minyak juga berkontribusi menyumbang lemak jenuh pada tubuh. Lemak jenuh bisa meningkatkan diabetes dan penyakit jantung. Itulah mengapa penderita TBC sebaiknya menghentikan kebiasaan makan gorengan. 

Makanan Karbohidrat Olahan

Penderita TBC juga tidak boleh mengonsumsi produk-produk makanan olahan. Makanan olahan yang dimaksud seperti tepung kue, roti putih, kue kering, makanan kaleng, puding, dan lainnya. 

Disarankan bagi pasien TBC untuk menjauhi produk-produk makanan olahan tersebut agar tidak memperparah gejala TBC. Penderita TBC dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti sayuran hijau dan gandum. 

Daging Merah

Daging merah juga termasuk makanan pantangan bagi penderita TBC. Daging merah yang tidak boleh dikonsumsi pasien TBC adalah daging sapi dan daging kambing. Makanan ini mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol pada penderita tuberkulosis. 

Minuman Berkarbonasi

Selain makanan, penderita TBC juga dilarang mengonsumsi minuman berkarbonasi. Minuman ini dibuat dengan campuran gas karbondioksida. Pasien TBC sebaiknya menghentikan kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda. 

Minuman Berkafein

Minuman berkafein juga menjadi pantangan bagi pasien TBC. Minuman seperti kopi tidak baik bagi kesehatan penderita TBC. Jenis minuman ini bisa menurunkan kesehatan dan menambah tingkat keparahan penyakit TBC. 

Makanan yang Baik untuk Penderita TBC

Setelah mengetahui sejumlah pantangan bagi penderita TBC, selanjutnya Anda perlu tahu makanan-makanan yang baik atau direkomendasikan. Berikut ini beberapa makanan yang aman dan baik bagi pasien TBC. 

Makanan Tinggi Vitamin C

Salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan bagi penderita TBC adalah makanan tinggi vitamin C. Pasien TBC bisa memilih buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, tomat, dan lainnya. Kandungan vitamin C dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menangkal racun. 

Makanan Tinggi Vitamin A

Makanan tinggi vitamin A juga baik untuk dikonsumsi penderita TBC. Makanan kaya vitamin A yang bisa dipilih seperti pepaya, mangga, wortel, brokoli, dan lainnya. Kandungan vitamin A menjadi nutrisi yang penting untuk membangun kekebalan dan kekuatan tubuh. 

Makanan Kaya Protein

Penderita TBC juga disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein. Namun pasien TBC sebaiknya menghindari sumber protein seperti daging merah. Pilih makanan kaya protein lainnya selain daging merah, seperti tahu, keju, kacang tanah, dan jamur. 

Sayuran Berwarna Cerah

Sayuran berwarna cerah juga menjadi makanan yang baik untuk penderita TBC. Jenis sayuran ini dibutuhkan untuk membantu memerangi antibiotik dosis tinggi yang dikonsumsi untuk pengobatan tuberkulosis. Pigmen warna pada sayuran ini juga dapat berperan sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas. 

Biji-Bijian Utuh

Pasien TBC juga dapat mengonsumsi biji-bijian utuh sebagai makanan sumber vitamin B kompleks. Penderita TBC bisa memilih makanan seperti kedelai, sereal, roti gandum utuh, pasta, dan lainnya. Makanan-makanan ini menjadi sumber nutrisi yang baik untuk membantu tubuh melawan penyakit. 

Demikianlah ulasan mengenai pantangan makanan penderita TBC yang perlu diingat. Pasien TBC harus menghindari sejumlah makanan di atas untuk mempercepat penyembuhan dan menghindarkan dari gejala-gejala yang muncul. Baca juga stunting bisa berisiko tinggi terpapar TBC

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.