Ini Dia Alasan Kenapa Raja Ampat Perlu Dikunjungi pada 2025

YOGYAKARTA - Maladewa? Bali? Raja Ampat di Papua menawarkan keindahan yang tak kalah memukau, bahkan lebih! Pertanyaannya, kenapa Raja Ampat perlu dikunjungi pada 2025?

Dengan keanekaragaman hayati yang jauh lebih tinggi dan keindahan alam yang masih asli, Raja Ampat menjadi alternatif destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi.

Lantas, apa yang membuat Raja Ampat begitu istimewa sehingga layak dikunjungi pada tahun depan Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Kenapa Raja Ampat Perlu Dikunjungi pada 2025?

Baru-baru ini National Geographic, menempatkan Raja Ampat dalam “25 tempat terbaik di dunia untuk dikunjungi pada tahun 2025”. Melalui artikel yang ditulis Karen Carmichael tersebut, kriteria berbagai tempat wisata rekomendasi dipilih oleh para penjelajah, fotografer, dan editor National Geographic.

Lantas, mengapa harus pergi ke Raja Ampat? Tak lain lantaran ekosistem bawah laut yang kini semakin berkembang.

Kepulauan Raja Ampat sendiri menyimpan keajaiban laut dengan sekitar 500 jenis karang, lebih dari seribu spesies ikan karang, dan makhluk seperti manta ray, dugong, dan hiu zebra.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Jelajah Desa Arborek di Raja Ampat, Sajikan Wisata Alam Indah dengan Budaya

Lantaran daerah ini sangat terpencil, jika Anda ke Raja Ampat hanya dapat dijelajahi dengan kapal. Nah, operator tur Abercrombie & Kent dan Aqua Expeditions juga telah meluncurkan perjalanan kapal pesiar pada tahun 2025 dengan fokus pada ekosistem di kepulauan ini.

Perlu diketahui, National Geographic Expeditions juga menjelajahi Raja Ampat selama pelayaran "Exploring Indonesia by Sea" berdurasi 20 hari. Sementara itu, ada Rascal Voyages yang menawarkan charter kapal phinisi kayu, kapal layar tradisional Indonesia.

Mengapa perairan Raja Ampat sangat menarik bagi wisatawan (freepik)

Mengapa perairan Raja Ampat sangat menarik bagi wisatawan?

Dilansir dari laman Papua Paradise, berikut adalah beberapa alasan mengapa Raja Ampat menonjol dan menarik wisatawan:

  • Keanekaragaman Hayati yang Tak Tertandingi

Raja Ampat sering disebut sebagai "Jantung Segitiga Karang" karena punya tingkat keanekaragaman hayati laut tertinggi di planet ini.

Penyelam dapat menjelajahi beragam kehidupan laut, termasuk spesies langka dan endemik seperti kuda laut pigmi, hiu berjalan, berbagai pari, dan bahkan dugong.

  • Terumbu Karang dan Habitat Laut yang Pristin

Tidak seperti beberapa tujuan penyelaman lainnya di Indonesia, terumbu karang Raja Ampat masih tetap sangat sehat dan tidak terjamah. Lokasinya yang terpencil telah berkontribusi pada pelestarian habitat lautnya yang murni, dan memberikan kesempatan bagi penyelam untuk menyaksikan ekosistem yang berkembang.

  • Beragam Lokasi Penyelaman

Raja Ampat adalah rumah bagi lebih dari 1.500 pulau, masing-masing menawarkan berbagai lokasi penyelaman, dari taman karang yang semarak dan penyelaman dinding yang dramatis.

  • Penyelaman Sepanjang Tahun

JIka beberapa lokasi penyelaman Indonesia memiliki musim penyelaman yang ditentukan oleh pola cuaca, Raja Ampat menawarkan peluang penyelaman yang fantastis sepanjang tahun.

Kondisi stabil untuk menyelam sepanjang tahun memungkinkan penyelam untuk berkunjung tanpa dibatasi oleh musim.

  • Petualangan Jauh dari Keramaian

Lokasi Raja Ampat yang terpencil berarti lebih sedikit kerumunan dibandingkan dengan lokasi penyelaman yang lebih mudah diakses di Indonesia.

Penyelam dapat menikmati rasa eksklusivitas dan petualangan saat mereka menjelajahi lokasi penyelaman yang murni jauh dari kerumunan, dan menambah daya tarik menyelam di surga terpencil ini.

Selain kenapa raja ampat perlu dikunjungi pada 2025, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!