Bagikan:

JAKARTA - Raja Ampat di Papua merupakan destinasi wisata di Indonesia Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya. Di tempat ini terdapat Desa Arborek, destinasi wisata yang menyajikan keindahan alam memukau dengan budaya lokal warga setempat.

Desa Arborek berada di Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat. Untuk sampai ke Desa Arborek, pengunjung bisa baik kapal ferry dari Sorong ke Waisai selama tiga jam.

Mengutip laman Indonesia Travel, desa ini memiliki beragam biota laut yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Terdapat pari manta dan budidaya terumbu karang yang bisa dinikmati ketika menyelam di desa ini.

Daratan pedesaannya oleh pasir putih halus yang indah. Hamparan pasir putih dan deretan pohon kelapa menjadi dua hal yang menyambut kedatangan para pengunjung ke Desa Arborek.

Selain keindahan alamnya, desa ini juga memiliki daya tarik dari warga setempat yang ramah-ramah. Masyarakat Arborek juga menjaga dengan baik kesenian dan kebudayaan mereka.

Untuk tamu-tamu spesial yang datang, ada tarian khusus untuk menyambut yang melibatkan seisi desa. Penduduk perempuan desa ini juga dikenal dengan kemampuan membuat kerajinan tangan.

Kerajinan tangan yang dibuat adalah topi dan noken atau tas tali. Berbeda dengan kebanyakan perempuan di desa lain yang turut membantu suaminya sebagai nelayan, hampir seluruh ibu-ibu di desa ini mencari nafkah dengan membuat kerajinan tangan tersebut.

Sebagai informasi, Desa Arborek berhasil mendapat penghargaan sebagai Desa Wisata Terbaik Kategori Daya Tarik Pengunjung dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).