Kepulauan Raja Ampat dan Tiga Tempat Wisata Indonesia yang Mendunia
Pantai Atuh, Bali (Kozmenko Timur/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesia memiliki beberapa industri wisata yang dikelola dengan baik. Tidak hanya dinikmati oleh masyarakat lokal, beberapa destinasi wisata Indonesia juga sering kali dilirik para wisatawan asing.

Jika sebagian masyarakat Indonesia memilih untuk berlibur di luar negeri, tidak jarang turis justru memilih tanah air sebagai destinasi.

Dari sekian banyak destinasi wisata Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke, ada beberapa tempat wisata yang sudah dikenal dan mendunia serta jadi salah satu pilihan wisatawan asing menghabiskan waktu liburan.

Mana sajakah tempatnya? Berikut VOI rangkumkan ulasannya dari berbagai sumber:

Candi Borobudur

Candi Borobudur (Michael Rivera/Unsplash)

 

Candi Borobudur adalah tempat wisata terbaik Indonesia di daerah Magelang, Jawa Tengah. Candi peninggalan kerajaan Buddha ini dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO.

Candi Borobudur memiliki 504 arca Buddha dengan beragam relief pahatan seperti manusia yang bertapa, wanita, hewan, dewa atau dewi, hingga tumbuhan. Jika Anda tertarik mendalami berbagai ajaran agama Buddha, Anda bisa mempelajarinya lewat relief-relief terpahat di dinding candi.

Berdiri di atas lahan seluas 123 x123 meter selama lebih dari seribu tahun, situs peninggalan sejarah ini kerap didatangi para wisatawan asing untuk melihat kebudayaan asli Indonesia.

Labuan Bajo

Labuan Bajo (Wiliam Kusno/Unsplash)

 

Selain Pulau Jawa, ada lagi tempat wisata Indonesia yang mendunia di Pulau Flores, yaitu Labuan Bajo. Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Di Labuan Bajo, wisatawan dapat melihat hewan komodo, spesies kadal terbesar di dunia yang mulai langka di Taman Nasional Komodo. Selain itu, melihat kentalnya budaya suku Bajo, serta keindahan alam yang tak kalah menarik.

BACA JUGA:


Saking terkenalnya tempat wisata ini, tidak heran beberapa selebriti dunia seperti Gwyneth Paltrow jauh-jauh datang ke Labuan untuk menikmati pesona alamnya.

Kepulauan Raja Ampat

Raja Ampat (Sutirta Budiman/Unsplash)

 

Tempat wisata Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah kepulauan Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Terdapat empat pulau utama terbesar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool.

Berdasarkan data dari Badan Konservasi Internasional (The Nature Conservancy and Conservation International), perairan Raja Ampat memiliki 75% spesies laut di seluruh dunia, di antaranya 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, dan biota laut.

Raja Ampat tidak hanya dikunjungi oleh turis asing saja, namun banyak wisatawan lokal pun tergila-gila dengan destinasi wisata ini.

Bali

Bali (Geio Tishchler/Unsplash)

 

Rasanya Bali sudah menjadi tempat wisata di Indonesia yang paling mendunia. Keindahan alam serta kentalnya adat istiadat dan budaya setempat menjadi faktor wisatawan betah berkunjung ke Bali. Pantai, air terjun, gunung, dan tempat-tempat bersejarah menjadi tujuan turis menghabiskan waktu di Pulau Dewata.