Olahraga Saat Sedang Flu, Bolehkah? Ini Aturan dan Tipsnya

YOGYAKARTA – Anda tentu pernah bertanya perlukah berolahraga saat terserang flu, dan jawabannya adalah boleh asal kondisi memungkinkan untuk melakukannya. Tak hanya menyesuaikan kondisi, olahraga saat sedang flu juga harus mempertimbangkan jenis latihan yang dilakukan. Tidak semua olahraga bisa dan boleh dilakukan saat flu.

Aturan Olahraga Saat Sedang Flu

Olahraga selama ini memang membantu menjaga daya tahan tubuh. Terlebih jika kegiatan tersebut dilakukan secara tepat dan rutin. Namun olahraga juga harus mempertimbangan kondisi seseorang.

Dilansir dari Mayoclinic, olahraga saat flu harus memperhatikan beberapa hal demi kesehatan dan keselamatan. Beberapa yang perlu dipertimbangkan adalah sebagai berikut.

  1. Jika Anda terbiasa olahraga, saat sedang flu sebaiknya mengurangi intesitas dan durasi latihan.
  2. Jangan olahraga jika tanda dan gejala flu berdampak pada tubuh di bawah leher seperti sesak dada atau perut yang tidak nyaman.
  3. Hindari olahraga dengan orang yang menderita penyakit menular
  4. Jika demam, lelah, atau mengalami nyeri otot secara luas, hindari kegiatan fisik terlalu berat termasuk olahraga.

Tips Olahraga Saat Flu

Dalam situs Unitypoint dikatakan, dokter keluarga Katherine Meyers, DO menjelaskan olahraga ringan hingga selama 30 menit tidak akan berdampak besar pada seseorang yang sedang flu. Bahkan melakukan kegiatan fisik secara rutin akan membantu meningkatkan kekebalan dan melabolisme melawan infeksi flu. Beberapa olahraga yang boleh dilakukan untuk penderita flu misalnya sebagai berikut.

  • Sedang santai
  • Joging ringan
  • Senam
  • Meditasi

Hanya saja saat olahraga ketika flu badan harus terhidrasi dengan baik dengan cara mengonsumsi cairan bisa air putih atau cairan mengandung elektrolit. Pasalnya, seseorang yang sedang demam akan lebih mudah dehidrasi karena tubuh sedang kerja keras melawan virus flu. Sehingga banyak yang menyarankan agar penderita flu banyak istirahat agar pemulihan bisa terjadi secara cepat.

Selain itu Katherine Meyers juga menyarankan agar menghindari minuman tinggi gula. Pasalnya minuman tersebut dapat memicu diare hingga memperburuk gejala dehidrasi.

Sebaliknya, penderita flu boleh olahraga asal memperhatikan beberapa hal. Misalnya, jangan olahraga terlalu lama. Perhatikan pula jenis olahraga yang dilarang dilakukan saat terserang flu seperti berikut ini.

  • Lomba jarak jauh seperti maraton
  • Angkat beban
  • Latihan interval yang intens

“Jika tubuh Anda sedang melawan infeksi, Anda mungkin lebih lemah dari biasanya dan lebih rentan terhadap cedera. Paru-paru Anda mungkin tidak dapat mentransfer oksigen ke darah dengan mudah, yang memberi tekanan ekstra pada jantung saat berolahraga. Memantau kemudahan bernapas saat berolahraga sangat penting untuk menjaga keselamatan. Anda harus dapat berbicara dengan mudah dan tidak merasa sesak napas,” kata dr. Meyers.

Itulah informasi terkait olahraga saat sedang flu. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.