Usai Jalani Rehabilitasi, Penyu Belimbing Korban Cuaca Ekstrem Texas Dilepasliarkan ke Laut

JAKARTA - Belasan penyu belimbing Atlantik dikembalikan ke laut lepas, setelah berbulan-bulan menjalani rehabilitasi di sebuah kebun binatang di Texas. Sementara, enam penyu lainnya dilepasliarkan di Grapevine, Texas pada hari yang sama.

Penyu-penyu ini bagian dari penyelamatan besar-besaran terhadap 4.000 penyu yang dievakuasi dari pantai Pulau Padre Selatan, pada Februari lalu.

Penduduk secara sukarela menghangatkan hewan, setelah negara bagian mengalami cuaca dingin yang belum pernah terjadi sebelumnya. Cuaca ekstrem melanda Texas dengan salju dan es, membuat rekor suhu terendah dan melumpuhkan aktivitas warga, termasuk jaringan listri. 

Juga dikenal sebagai penyu belimbing Atlantik, hewan-hewan itu telah terpapar dingin dan mengalami reaksi hipotermia, akibat kontak yang terlalu lama dengan air dingin. 

Saat air turun di bawah 10 derajat celcius, penyu menjadi lemah dan berisiko tenggelam karena tidak dapat mengangkat kepala untuk bernapas.

Staf dokter hewan di Kebun Binatang Houston merawat mereka hingga sembuh dan melepaskan mereka ke Teluk Meksiko di Stewart Beach, Galveston. Perawatan mereka termasuk pemeriksaan fisik, antibiotik, pemeriksaan darah dan sinar-X.

Evakuasi penyu oleh Texas Game Warden. (Twitter/@TexasGameWarden)

Wakil Presiden Operasi Satwa Kebun Binatang Houston, Lisa Marie Avendano menyebut pelepasan tersebut sebagai 'puncak dari kerja keras selama berminggu-minggu'.

“Ini benar-benar lautan bersama. Dan kami sangat bersyukur dapat mendukung komunitas penyu di New England, ketika mereka membutuhkan bantuan untuk acara besar yang menakjubkan dan menakjubkan ini," tukasnya melansir Euronews.

Kendati demikian, pihak kebun binatang menyebut masih ada tiga penyu yang menjalani perawatan khusus, karena mereka masih menjalani proses penyembuhan dari pneumonia jamur.

Sebelumnya, ribuan penyu laut yang pingsan akibat cuaca ekstrem dan badai salju yang melanda Amerika Serikat bagian Selatan, khususnya Texas, harus dievakuasi ke tempat yang lebih hangat untuk menghindari hal-hal yang lebih buruk.

Di Pulau Padre Selatan, Texas, lebih dari 4.000 penyu laut yang pingsan karena kedinginan dievakuasi. Penyu-penyu tersebut dibawa dari kawasan Teluk Meksiko oleh Sea Turtle Inc., lembaga konservasi dan rehabilitasi penyu. 

Sementara di perairan dingin Brownsville Ship Channel dan teluk sekitarnya, Texas Game Warden yang bertugas di wilayah Cameron menyelamatkan 141 penyu dari kawasan tersebut dan dievakuasi lewat laut dengan kapal motor PV Murchison.

“Pingsan dingin seperti ini bisa berpotensi menghapus kerja keras selama puluhan tahun, dan kami melewatinya tanpa tenaga dan tantangan unik yang lebih dahsyat bagi upaya kami,” terang Direktur Eksekutif Sea Turtle Inc. Wendy Knight kepada The Washington Post.

Kondisi yang dialami penyu laut ini adalah cold stun, kondisi yang dialami penyu dimana suhu di bawah 10 derajat celcius menyebabkan hewan berdarah dingin menjadi lesu. Ini berarti mereka tidak dapat berenang atau mencari makan sehingga mereka terdampar di pantai.