Akhirnya, Pi Network Bakal Luncurkan Mainnet Pada Q4 2024

JAKARTA — Pi Network, proyek kripto yang didirikan oleh Nicolas Kokkalis dan Chengdiao Fan, belum lama ini mengumumkan rencana peluncuran jaringan utamanya (mainnet) pada kuartal keempat (Q4) 2024. Hal ini merupakan kabar gembira bagi komunitas Pi Network seluruh dunia yang menantikan mainnet pada akhir tahun. 

Sebagai informasi tambahan, Pi Network, yang dikenal karena model mining-nya melalui smartphone, selama ini dianggap sebagai salah satu proyek kripto yang paling inovatif. Dengan lebih dari 55 juta anggota komunitas aktif di seluruh dunia, proyek ini memiliki basis pengguna yang kuat.

Tim inti Pi Network menyebutkan bahwa peluncuran mainnet akan menjadi langkah penting dalam mewujudkan visi mereka untuk menciptakan ekosistem Web3 yang luas dan dapat digunakan secara nyata.

Selama beberapa bulan terakhir, Pi Network memberikan masa tenggang bagi para penggunanya untuk merampungkan proses Know Your Customer (KYC) dan bermigrasi ke mainnet beta. Tim pengembang berharap peluncuran mainnet ini akan membawa ekosistem Pi ke tahap selanjutnya, yaitu jaringan terbuka yang memungkinkan interaksi lebih luas dengan bursa kripto dan jaringan blockchain lain.

Selain itu, Pi Network juga memperkenalkan fitur baru berupa penguncian dompet on-chain yang dirancang untuk meningkatkan tingkat mining bagi para Pioneers yang berhasil bermigrasi ke mainnet dan mengunci token mereka. Inisiatif ini diluncurkan bersamaan dengan perayaan ‘Pi2Day’ pada September 2024, sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat transisi pengguna ke jaringan utama.

Pi Network tidak hanya berfokus pada mining saja tetapi berfokus juga pada pengembangan aplikasi berbasis blockchain yang siap digunakan pada mainnet. Tim pengembang menargetkan setidaknya 100 aplikasi yang akan dirilis berbarengan dengan peluncuran mainnet.

Kendati begitu, Pi Network tidak serta merta terlepas dari sejumlah permasalahan yang harus dihadapi. Salah satu tantangan terbesar adalah memastikan 15 juta pengguna berhasil menyelesaikan verifikasi KYC. Pi Network juga ditargetkan merampungkan migrasi 10 juta pengguna ke mainnet beta sebelum jaringan utama diluncurkan sepenuhnya.