Kenapa HP Tiba-tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada? Cek Sebabnya

YOGYAKARTA – Anda tentu pernah bertanya kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada? Kondisi itu memang cukup mengganggu terlebih jika Anda sedang membutuhkan ponsel untuk kegiatan, namun tiba-tiba mati. Saat kondisi tersebut terjadi, Anda harus tahu penyebabnya agar tahu bagaimana penanganannya.

Alasan Kenapa HP Tiba-tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada

Alasan ponsel mati padahal masih ada daya bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari alasan sepele hingga cukup serius. Berikut ini beberapa alasannya.

  1. Baterai sudah rusak

Baterai adalah komponen paling penting yang akan menjaga ponsel tetap hidup. Jika baterai rusak, soak, atau sudah berumur, akibatnya ponsel bisa mati. Bahkan, ponsel bisa mati secara tiba-tiba saat digunakan. Masalah ini sering lupu dari perhatian mengingat saat ini hampir semua ponsel menggunakan baterai tanam. Untuk mencegahnya, ketahui cara menjaga masa pakai baterai di ponsel.

  1. Overheat

Overheat adalah sebuah kondisi di mana HP mengalami peningkatan suhu dengan sangat cepat dan berlebih. Kondisi ini terjadi karena berbagai aktiviitas, misalnya bermain game, atau menggunakan ponsel di bawah terik matahari, dan masih banyak lagi. Saat overheat, ponsel akan kelebihan kinerja sehingga sangat mungkin tiba-tiba mati meski daya di baterai masih ada.

  1. Baterai tidak terpasang sempurna

Jika Anda baru saja menjatuhkan ponsel dan tiba-tiba mengalami kendara sering mati saat digunakan, ada kemungkinan baterai geser dari posisi awalnya. Pergeseran posisi baterai ini bisa terjadi akibat benturan yang cukup keras pada ponsel.

  1. Konektor baterai bergeser

Selain baterai, konektor baterai juga berpotensi bergeser sehingga daya dari baterai tak dapat digunakan oleh ponsel agar tetap hidup. Kondisi ini muncul karena berbagai hal seperti ponsel jatuh, tertendang, dan sebagainya.

  1. Cache penuh

Jumlah cache juga cukup berdampak pada kinerja. Semakin besar ukuran cache yang tersimpan di ponsel semakin terbebani pula kinerja ponsel. Saat itu terjadi maka sistem akan mati otomatis. Namun biasanya ponsel akan melakukan reset ulang.

  1. Bug di aplikasi

Jika ponsel tiba-tiba mati saat membuka aplikasi, kemungkinan besar masih ada bug di aplikasi tersebut. Bug pada aplikasi akan mengganggu kinerja software sehingga saat dibuka akan menghasilkan dampak tertentu di ponsel.

  1. Sistem Operasi rusak

Sistem operasi (OS) pada Android juga akan memicu kinerja baterai tidak maksimal hingga berujung pada ponsel mati mendadak. Biasanya kasus ini terjadi sesudah update. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengulangi pembaruan OS di PlayStore.

  1. Komponen internal rusak

Komponen internal di ponsel juga dapat memicu mati mendadak saat daya bateri masih ada. Komponen ini seperti motherboard atau IC power. Jika ini terjadi, Anda harus membawa ponsel ke teknisi profesional dan berpengalaman.

Itulah informasi terkait kenapa hp tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.