Pembaruan Apple Intelligence: Genmoji dan Integrasi ChatGPT Akan Hadir di iOS 18.2

JAKARTA - Saat diperkenalkan dan diluncurkan pertama kali pada acara Worldwide Developers Conference bulan Juni lalu, Apple terus melanjutkan pengembangan untuk Apple Intelligence. 

Melansir Engadget, pengembangan Apple Intelligence terbaru di iOS 18.2, iPadOS 18.2, dan macOS Sequoia (15.2) menghadirkan fitur-fitur baru, yang telah lama ditunggu-tunggu seperti Genmoji, Image Playground, Visual Intelligence, dan integrasi ChatGPT. 

Kabar ini muncul setelah pengumuman bahwa iOS 18.1 akan tersedia sebagai rilis stabil untuk publik minggu depan, yang akan menghadirkan banyak fitur baru untuk pengguna. 

Genmoji 

Genmoji akan memungkinkan pengguna membuat emoji khusus dari papan ketik. Dengan mengetuk tombol Genmoji, Anda dapat memasukkan deskripsi dan memilih dari opsi yang dihasilkan oleh Apple Intelligence. 

Image Playground 

Fitur Image Playground dan Image Wand juga kini tersedia. Image Playground adalah aplikasi mandiri yang dapat diakses dari Messages, menawarkan saran gambar berdasarkan percakapan, atau Anda bisa menggunakan deskripsi atau foto sebagai referensi. 

Sementara itu, Image Wand hadir sebagai pembaruan pada palet alat Apple Pencil, yang membantu menyempurnakan sketsa kasar menjadi karya seni yang lebih halus.

Integrasi ChatGPT 

Terakhir, Apple juga menghadirkan ChatGPT ke Siri dan Writing Tools, dan akan menyarankan menggunakan alat OpenAI jika cocok dengan permintaan, seperti membuat rencana perjalanan atau rutinitas. 

Siri akan meminta izin untuk menggunakan ChatGPT, dan Anda bisa mengatur frekuensi permintaan izin tersebut. 

Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak memerlukan akun ChatGPT, dan data Anda tidak disimpan oleh OpenAI, kecuali jika Anda menghubungkan akun ChatGPT, yang kemudian tunduk pada kebijakan OpenAI.