Gemini Live Kini Bisa Berbicara Bahasa Indonesia, Coba Sekarang!

JAKARTA - Google terus mengembangkan Gemini, asisten AI yang dirancang untuk membantu, intuitif, dan dapat berinteraksi dengan bahasa percakapan untuk membantu pengguna untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. 

Sebelumnya, Gemini Live mengumumkan telah mendukung lebih dari 40 bahasa. Kini, Gemini Live hadir dalam Bahasa Indonesia, dan memungkinkan Anda berbincang secara alami dengan AI milik Google tersebut. 

Lebih lanjut, raksasa penelusuran itu mengatakan bahwa Gemini juga akan terhubung ke lebih banyak aplikasi Google dalam bahasa Indonesia, mempermudah mengakses informasi dan melakukan banyak hal pada berbagai layanan Google.

Jadi, dengan integrasi ini Anda dapat meminta Gemini untuk mencari resep mie ayam yang dikirimkan melalui Gmail, lalu minta juga memasukkan bahan-bahannya ke daftar belanja di Keep.

Atau, mengambil foto poster konser dan tanya Gemini apakah Anda punya waktu luang pada hari itu, dan bahkan sekaligus meminta membuat pengingat untuk membeli tiket. 

Gemini Live dapat mendukung percakapan hingga dua bahasa sekaligus, memberikan fleksibilitas untuk beralih antara Bahasa Indonesia dan bahasa lainnya yang dikuasai. 

Fitur ini memungkinkan untuk berinteraksi dengan AI sesuai dengan konteks percakapan. Berikut cara menentukan bahasa pilihan di aplikasi Google:

  1. Pada ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google dan pada bagian atas, ketuk gambar profil atau inisial Anda
  2. Ketuk Setelan > Asisten Google > Bahasa
  3. Pilih Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang didukung
  4. Anda dapat memilih satu lagi dari bahasa yang didukung untuk dijadikan bahasa kedua.

Google mengklaim bahwa Gemini Live memungkinkan percakapan layaknya seperti dengan teman mulai dari mendiskusikan ide, menjelajahi topik, atau berlatih presentasi. 

“Dengan memperluas ketersediaan Gemini Live dan koneksi aplikasinya ke lebih banyak bahasa, kami berusaha untuk mewujudkan akses ke manfaat AI sekaligus membantu orang-orang di seluruh dunia mengakses informasi dan menikmati manfaat asisten berteknologi AI,” tulis Google dalam blognya.