3 Minuman yang Harus Dihindari saat Stres Melanda

JAKARTA - Stres yang melanda dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik secara menyeluruh. Untuk mengatasi stres, satu hal yang penting dilakukan adalah mengubah gaya hidup, termasuk memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Terdapat tiga minuman yang harus dihindari untuk dikonsumsi saat stres, karena bisa memperparah keadaan. Apa saja minumannya? Berikut daftarnya yang dilansir dari Times of India.

1. Alkohol

Alkohol bukanlah pilihan minuman yang baik untuk dikonsumsi ketika stres. Meskipun minuman ini bisa membuat perasaan menjadi lega, tetapi itu hanya bersifat sementara.

Konsumsi alkohol dapat merusak kesehatan mental dan fisik, hingga menyebabkan gangguan tidur. Konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat memperburuk depresi dan menyebabkan gangguan kecemasan.

2. Minuman energi

Minuman berenergi juga sangat tidak dianjurkan untuk diminum ketika merasa stres. Minuman ini biasanya mengandung gula yang tinggi, yang akan memengaruhi kesehatan jangung dan tekanan darah.

Tak hanya itu, minuman berenergi juga dapat mengganggu jam tidur, sehingga rasa stres akan semakin bertambah. Minuman ini juga dapat meningkatkan kecemasan.

3. Kafein

Minuman mengandung kafein seperti kopi, bukanlah solusi efektif untuk meredakan stres. Mengonsumsi kafein dalam jumlah banyak dapat mengganggu kualitas tidur, yang berdampak buruk pada kesehatan mental.

Itulah tiga minuman yang harus dihindari ketika Anda sedang merasa stres. Jika merasa stres, sebaiknya diatasi dengan konsumsi makanan dan minuman bernutrisi baik, serta fokus melakukan hal yang membuat Anda bahagia.