Tiger Sport 800, Model Motor Terbaru Triumph dengan Performa Impresif

JAKARTA - Triumph Motorcycles secara resmi meluncurkan motor middleweight sport touring terbarunya, Tiger Sport 800. Model ini diposisikan sebagai pengganti dari Tiger 850 Sport.

Chief Product Officer Triumph Motorcycles Steve Sargent, mengatakan kehadiran motor ini tidak hanya untuk kegembiraan dalam berkendara, melainkan juga cocok untuk perjalanan sehari-hari dengan melakukan perjalanan dalam kota atau berlibur akhir pekan ke daerah pedesaan.

“Jantung dari Tiger Sport 800 adalah mesin tiga silinder baru yang memberikan tenaga dan kegembiraan yang diinginkan pengendara, baik saat melakukan perjalanan sehari-hari melalui jalan-jalan kota atau menikmati liburan akhir pekan di jalan pedesaan yang berkelok-kelok,” kata Sargent dalam laman resmi merek, Rabu, 23 Oktober.

Motor ini dilengkapi dengan komponen suspensi yang dapat disesuaikan, seperti garpu kartrid dari Showa 41 mm dengan penyesuaian rebound dan redaman kompresi.

Kemudian, bagian belakangnya didukung dengan Showa Monoshock yang memberikan penyesuaian redaman pantulan dan wheel travel 150 mm, ditambah pengatur preload hidrolik jarak jauh yang memungkinkan pengendaraan dioptimalkan dengan mudah saat membawa bagasi dan pembonceng.

Pengeremannya didukung kaliper rem empat piston yang dipasang secara radial yang dikembangkan oleh pabrikan serta cakram depan kembar 310 mm, dipasangkan dengan kaliper geser piston tunggal dan cakram 255 mm di belakang, memastikan pengereman yang mudah dan progresif serta daya henti yang luar biasa.

Bagian kaki-kaki dilengkapi dengan pelek aluminium ringan yang dibaluti dengan ban Michelin Road 5, memberikan cengkeraman terbaik sehingga handal di berbagai kondisi.

Pabrikan asal Inggris ini merancang motor tersebut secara ergonomis untuk pengendara dan pembonceng, dengan tempat duduk nyaman dan bantalan empuk.

Kursi pembonceng juga dilengkapi pegangan terintegrasi untuk menambah keamanan penumpang. Ketinggian tempat duduk 835mm dan lebar stand-over yang ramping membangkitkan rasa percaya diri selama melakukan manuver kecepatan rendah dan memberikan rasa stabil yang meyakinkan saat berhenti.

Kaca depan yang mudah disesuaikan dengan pengoperasian satu tangan, dan deflektor angin terintegrasi digabungkan untuk meningkatkan kenyamanan pengendara pada kecepatan tinggi. Tangki bahan bakar 18,6 liter memastikan motor ini dibuat untuk touring akhir pekan.

Tiger Sport 800 disenjatai oleh mesin 800 cc triple 3-silinder yang dapat memberikan dorongan tenaga 115 ps dan torsi 84 Nm. Ini dibantu dengan sistem girboks enam percepatan didukung oleh Triumph Shift Assist, membantunya melakukan perpindahan gigi secara lembut dan presisi.

Motor ini memiliki sejumlah mode berkendara yang dapat disesuaikan oleh pengendara, seperti Sport, Road, dan Rain. Ini juga dioptimalkan dengan sistem anti-lock braking system (ABS) serta Traction Control untuk mengakomodir pengendaraan di berbagai kondisi.

Tersedia dalam pilihan warna seperti Sapphire Black, Graphite, Cosmic Yellow, dan Caspian Blue, Triumph Tiger Sport 800 dibanderol senilai 10.995 poundsterling (Rp222 juta) dan tersedia di jaringan dealer wilayah Inggris pada Maret 2025.