Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan kendaraan roda dua Inggris, Triumph Motorcycles mengumumkan pembaruan signifikan pada model Speed Twin 1200 serta meluncurkan Speed Twin 1200 RS dengan desain dan performa ciamik.

Menurut pabrikan, gaya dari motor tersebut telah disegarkan dengan memadukan unsur sport kontemporer dengan DNA desain klasik modern dan menampilkan detail cantik sehingga menampilkan ciri khas dari Triumph.

“Pada Speed Twin 1200, kami memastikan untuk mempertahankan handling superior dan gaya klasik yang dikagumi semua orang, sekaligus memperkenalkan tenaga ekstra dan teknologi yang meningkatkan performa. pengalaman berkendara dengan mulus,” kata Chief Product Officer Triumph Steve Sargent, dalam laman resmi merek, Rabu, 18 September.

Sementara itu, trim RS menawarkan hal kesenangan dalam berkendara. Posisi berkendara lebih ergonomis berkat perubahan posisi setang dan pijakan kaki di bagian belakang, dipadukan dengan garpu Marzocchi yang dapat disetel sepenuhnya dan unit suspensi belakang Ohlins.

Untuk mengoptimalkan kemampuan berkendaranya, pabrikan memasangkan ban Metzeler Racetect RR K3 untuk tipe RS serta sistem Triumph Shift Assist untuk pertama kalinya dalam motor Modern Classic.

“Speed Twin 1200 RS baru lebih fokus, lebih menarik, dan dengan respons yang lebih tajam. Ini dirancang untuk pengendara yang menginginkan performa dinamis terbaik, dengan tampilan sporty klasik,” ucap Sargent.

2
Speed Twin 1200

Speed Twin 1200 ditawarkan dalam grafis mencolok dengan visual ‘1200’ di bagian tangki dengan two-tone gabungan Crystal White di atas dan Carnival Red di bawahnya. Motor ini juga ditawarkan dengan Aluminium Silver yang lebih klasik.

3
Speed Twin 1200 RS

Kemudian, RS sebagai tipe tertinggi mendapatkan dua pilihan corak warna, yakni Baja Orange atau Sapphire Black. Keduanya diberi stiker ‘RS’ berwarna emas.

Kedua motor ini memiliki mesin dari Bonneville 1200 berkompresi tinggi yang memberikan tenaga tambahan hingga 5 ps. Dengan demikian, mesin tersebut dapat memberikan tenaga 105 ps pada 7.750 rpm dan torsi maksimal 112 Nm.

Meskipun memiliki kesan klasik, kedua motor ini dibekali sejumlah fitur canggih. Pengendara dapat menyesuaikan respons mesin dengan mode berkendara Road dan Rain dan mendapatkan sejumlah fungsi seperti Optimised Cornering ABS dan traction control.

Sementara itu, tipe RS yang berfokus pada kesenangan berkendara memiliki mode tambahan yakni Sport. Mode ini berfungsi dalam mempertajam respons throttle dan mengoptimalkan pengaturan kontrol traksi sehingga menambah kesan bertenaga dan kedinamisan pada kendaraan.

Kedua motor ini akan tiba di jaringan dealer seluruh dunia pada Desember 2024 mendatang, dengan Speed Twin 1200 dilego senilai 12.495 poundsterling (Rp252,9 juta) dan Speed Twin 1200 RS seharga 14.495 poundsterling (Rp293,3 juta).