Viral di Medsos Nasi Lemak Topping Abon Babi, Harganya Rp279 Ribu per Porsi

JAKARTA - Di Hawaii, tepatnya Honolulu, terdapat gerai kedai lemak milik seorang bule. Hal ini terungkap lewat video unggahan TikTokers Malaysia, @aimanariffinnnn.

Pada video terlihat gerai tendaan itu memajang spanduk Nasi Lemak Malaysia Coconut Rice, dengan warna kuning dan oranye terang. Aiman, pemilik akun TikTok kemudian tertarik untuk menyambangi gerai itu.

Aiman mengatakan bahwa lokasi gerai nasi kemat itu di sebuah pasar tani, Honolulu, Hawaii. Gerai tersebut dimiliki oleh seorang chef bule bernama Andrew Presllar.

Saat diwawancara Aiman, Andrew mengungkap pertama kali mengenal makanan Malaysia saat kerja di New York yang merupakan kampung halamannya. Ia yang saat itu berusia 16-17 tahun bekerja untuk chef Zach Lazio, pemilik restoran Malaysia.

“Dia yang pertama kali memperkenalkan masakan Malaysia ke saya dan sejak itu saya menyukainya. Cita rasanya tak ada duanya, semuanya sangat cerah dan bersemangat. Pedas, manis, asin, asam, semuanya berpadu dengan baik,” ungkap Andrew Presllar.

Membuka gerai nasi lemak di Hawaii, Andew Presllar mengaku mendapat respons positif. Banyak orang yang penasaran dan pertama mencoba menyukainya, hingga membeli kembali.

Nasi lemak yang dijual Andrew terdapat tiga pilihan, yakni dengan lauk ayam serai, rendang daging, dan kari vegan. Terdapat juga pilihan sambal bajak dan sambal belacan khas Malaysia.

Harganya dibanderol mulai 18 dolar AS atau Rp279 ribu hingga USD 24 atau Rp327 ribu. Namun, perlu diketahui topping nasi lemak Andrew Presllar ini merupakan bahan nonhalal, yakni abon babi.

Aiman sendiri mengaku kaget dengan harga satu porsi nasi lemak tersebut, begitu juga topping abon babi yang digunakan. Ia pun tidak jadi mencoba memakannya karena mengandung babi.