Google Tambahkan Autentikasi Biometrik ke Find My Device

JAKARTA – Find My Device, aplikasi buatan Google untuk melacak atau menemukan perangkat Android, mendapatkan fitur baru. Fitur ini dirilis untuk memperkuat keamanan dan memudahkan akses bagi pengguna. 

Dilansir dari Android Authority, Google meluncurkan fitur login biometrik ke Find My Device versi 3.1.173-1. Dengan menambahkan fitur baru ini, pengguna bisa mengakses aplikasi dengan cepat menggunakan sistem pemindaian wajah dan sidik jari. 

Ini merupakan perubahan yang bagus karena tidak semua pengguna bisa mengingat kata sandi akun Google mereka. Dalam keadaan terdesak, penggunaan Android bisa langsung membuka Find My Device dengan menggunakan autentikasi biometrik. 

Tak hanya memindai wajah dan sidik jari, Find My Device juga kini bisa diakses menggunakan PIN. Ini merupakan cara tercepat untuk mengakses Find My Device tanpa mengabaikan keamanan aplikasi.

Selain mengubah sistem login Find My Device, Google juga memperbarui tampilan 'Jangan Tanya Lagi'. Sebelumnya, pengguna Find My Device harus masuk menggunakan kata sandi akun Google setiap kali membuka aplikasi.

Sistem login ini sangat melelahkan sehingga Google menambahkan kotak 'Jangan Tanya Lagi'. Jika kotak ini diketuk, pengguna bisa membuka Find My Device tanpa memasukkan kata sandi akun. Meski lebih mudah, tindakan ini akan membuat aplikasi menjadi rentan.

Setelah autentikasi biometrik dirilis, kotak 'Jangan Tanya Lagi' sudah tidak muncul karena pengguna harus mengakses aplikasi dengan autentikasi biometrik. Untuk saat ini, fitur baru Find My Device baru terlihat di Pixel 8 dengan Android 15. Belum diketahui kapan fiturnya akan diperluas.