Pramono Bocorkan 3 Hal yang Bakal Diungkap di Debat Kedua Pilgub Jakarta

JAKARTA - Calon Gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung mengungkap tiga hal yang akan ia paparkan dalam debat kedua Pilgub Jakarta yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

Tema debat kedua pasangan calon (paslon) adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial. Pramono akan memaparkan program penambahan lapangan kerja, perluasan jangkauan transportasi umum, hingga keterbukaan tata pemerintahan.

"Yang pertama adalah Jakarta Funding, karena memang isunya tentang ekonomi. Yang kedua Transjabodetabek mengenai transportasi. Yang berikutnya adalah mengenai open government," ungkap Pramono di Pluit, Jakarta Utara, Selasa, 22 Oktober.

Mengenai open government, Pramono akan menguraikan cara menjalankan pemerintahan yang lebih efektif dan tidak berbelit-belit. Salah satu penunjangnya yakni menggunakan sistem artificial intelligence (AI).

"Karena saya habis melihat Artificial Intelligence dan Robotik, menurut saya banyak hal yang nanti akan bisa digunakan. Maka kalau ini jadi amanah saya, saya akan undang orang-orang yang mau memikir ini untuk memperbaiki keadministrasian yang ada di Jakarta," jelas dia.

KPU menggelar debat kedua pasangan cagub-cawagub Jakarta bertemakan "ekonomi dan kesejahteraan sosial" pada Minggu, 27 Oktober di Ecovention Ancol, Jakarta Utara.

Seperti sebelumnya, debat digelar mulai pukul 19.00 WIB. KPU DKI Jakarta membagi menjadi enam segmen debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) di Pilkada Jakarta 2024 yang diawali dengan pemaparan visi dan misi masing-masing paslon.

Kemudian, segmen kedua dan ketiga menjadi bagian setiap pasangan calon, segmen keempat dan kelima akan tanya-jawab antarpaslon serta segmen keenam penutup.

Anggota KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah menjelaskan, KPU menambahkan sesi tanya jawab antara masyarakat dengan tiap pasangan calon.

"Segmen-segmennya masih sama. Hanya saja mungkin ada sedikit yang berbeda yaitu kita melibatkan partisipasi masyarakat. Nanti masyarakat dapat menyampaikan pertanyaan secara langsung," jelas Fahmi.