Daftar 22 Kementerian Baru di Kabinet Merah Putih

YOGYAKARTA - Salah satu perubahan signifikan Kabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto adalah pembentukan sejumlah kementerian baru. Tahukah Anda beberapa kementerian baru di Kabinet Merah Putih?

Langkah ini menandai babak baru dalam tata kelola pemerintahan, dengan harapan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjawab tantangan bangsa yang semakin kompleks.

Kementerian Baru di Kabinet Merah Putih

  • Kemenko Bidang Hukum, HAM, Imigrasi, dan Kemasyarakatan.

Salah satu perubahan signifikan dalam Kabinet Prabowo adalah pemisahan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menjadi tiga kementerian baru yang berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Dilansir dari laman Kemenkumham, menurut Menteri Koordinator Yusril Ihza Mahendra, langkah ini merupakan upaya strategis untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, khususnya dalam bidang hukum, HAM, imigrasi, dan pemasyarakatan.

Dengan fokus yang lebih spesifik, diharapkan setiap kementerian dapat memberikan pelayanan publik yang lebih optimal.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas 7 Menteri Terkaya Kabinet Prabowo, Ada Menpora Dito dan Bahlil Lahadalia

  • Kementerian Kebudayaan

Kementerian Kebudayaan adalah salah satu dari pecahan tiga kementerian di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dilansir dari Antaranews, Menteri Kebudayaan Fadli Zon menyatakan bahwa Indonesia akan dijadikan ibu kota budaya dunia. Hal ini disampaikannya saat acara serah terima jabatan di Gedung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta, pada Senin.

“Kekayaan nasional kita tidak hanya terletak pada sumber daya seperti nikel, batu bara, minyak, dan gas, tetapi juga pada budaya yang sangat luar biasa. Saya berharap Indonesia bisa menjadi ibu kota budaya dunia, capital of world culture,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat untuk bersama-sama mengangkat budaya sebagai aset yang dapat dimanfaatkan secara luas.

Menteri Kebudayaan Fadli Zon (antaranews)
  • Kementerian Koordinator Bidang Pangan

Kementerian Koordinator Bidang Pangan menjadi salah satu kementerian baru yang dibentuk pada masa pemerintahan Prabowo Subianto.

Zulkifli Hasan, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perdagangan, ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Pangan dalam Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Sebagai Menteri Koordinator Bidang Pangan, Zulkifli Hasan memaparkan strategi untuk mencapai target swasembada pangan dalam lima tahun, termasuk melalui program perluasan lahan pertanian di luar Pulau Jawa. Salah satu fokus utama adalah menjadikan Papua sebagai pusat lumbung pangan nasional.

Zulkifli menyampaikan bahwa ia mendapat tugas khusus dari Presiden Prabowo untuk mewujudkan swasembada pangan dan energi. Ia menekankan bahwa Papua kini menjadi perhatian serius dalam upaya tersebut. Menurutnya, wilayah Indonesia timur, seperti Papua, memiliki potensi untuk menanam berbagai tanaman pokok, seperti padi, jagung, dan tebu.

Berikut adalah daftar kementerian baru yang dibentuk dalam Kabinet Merah Putih di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka:

  1. Kementerian Koordinator Bidang Pangan
  2. Kementerian Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif
  3. Kementerian Pekerjaan Umum
  4. Kementerian Hak Asasi Manusia (HAM)
  5. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Kementerian Lingkungan Hidup/Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup
  7. Kementerian Transmigrasi
  8. Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi
  9. Kementerian Koordinator Bidang Politik dan Keamanan
  10. Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan
  11. Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat
  12. Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
  13. Kementerian Kebudayaan
  14. Kementerian Pariwisata
  15. Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman
  16. Kementerian Koperasi
  17. Kementerian Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi, dan Kemasyarakatan
  18. Kementerian Perlindungan Pekerja Migran Indonesia/Kepala BP2MI
  19. Kementerian Kehutanan
  20. Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan
  21. Kementerian Hukum
  22. Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Berencana Nasional

Selain kementerian baru di kabinet merah putih, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!