Pengguna YouTube Music Kini Bisa Unggah Gambar untuk Thumbnail

JAKARTA – Belum lama ini, YouTube Music menguji fitur pengunggahan gambar thumbnail melalui memori penyimpanan komputer. Setelah diuji, fitur ini akhirnya diluncurkan secara luas mulai Senin, 21 Oktober lalu.

Mengutip dari 9to5google, fiturnya tidak mengalami perubahan sejak uji coba beberapa waktu lalu. Jika ingin mengunggah thumbnail ke dalam daftar putar yang diinginkan, pengguna hanya perlu membuka situs web YouTube Music melalui browser.

Selanjutnya, buka daftar putar yang diinginkan dan klik ikon pensil yang muncul di sudut kiri bawah thumbnail. Jika folder atau perpustakaan internal perangkat sudah terbuka, pengguna bisa memilih foto yang ingin dijadikan sebagian thumbnail.

Sebelum terunggah, pengguna akan diminta memotong gambar sesuai dengan ukuran yang ditetapkan, yaitu 2x2. Setelah itu, thumbnail daftar putar akan berubah. Jika ikon pensilnya diketuk lagi, pengguna YouTube Music bisa melihat opsi Remove Custom Image.

Saat opsi ini dipilih, gambar yang diunggah akan terhapus dan daftar putar akan menampilkan thumbnail default. Perlu diingat bahwa kemampuan ini tidak muncul di aplikasi seluler sehingga pengguna yang ingin mengganti thumbnail harus membuka web YouTube Music.

Pada 15 Oktober lalu, YouTube meluncurkan banyak fitur baru, tetapi mereka hanya merilis satu fitur baru untuk platform streaming musiknya. Beberapa fitur lainnya diluncurkan untuk platform video, seperti miniplayer yang diperbarui dan pengatur waktu tidur.

YouTube juga menghadirkan tampilan kecepatan pemutaran terbaru dan kemampuan membuat thumbnails kustom menggunakan gambar pribadi atau buatan Artificial Intelligence (AI). Fitur ini sudah diluncurkan sejak tahun lalu untuk YouTube Music.