ESG jadi Fokus Publik dan Dunia Usaha, Indra Karya Jadikan Pendorong Perubahan

JAKARTA – PT Indra Karya (Persero) berkomitmen untuk terus mengaplikasikan prinsip Environmental, Social, Governance (ESG) dalam setiap operasional kerjanya. Hal ini sejalan dengan tantangan atas perubahan model bisnis di tengah perhatian publik akan pentingnya peran perusahaan dalam penerapan aspek ESG.

Direktur Utama Indra Karya Gok Ari Joso Simamora menekankan bahwa penerapan prinsip ESG dalam kinerja perusahaan saat ini sangat penting. Dia bilang ESG menjadi pendorong perubahan yang akan dilakukan pihaknya.

“Inilah yang mestinya menjadi pendorong perubahan-perubahan yang akan dilakukan melalui kebijakan yang ditetapkan perusahaan bagaimana bisnisnya ke depan,” ujar Gok Ari dalam keterangan resminya, Selasa, 22 Oktober.

Gok Ari menekankan Indra Karya menjunjung pelaksanaan ESG yang baik melalui adanya penilaian-penilaian yang transparan dalam seluruh lini bisnis dan kinerja perusahaan.

“Sehingga dapat membawa permasalahan dan tantangan perusahaan ke permukaan untuk dapat diadakannya perubahan sesuai dengan pedoman dan standar yang berlaku,” jelasnya.

Dengan komitmen penerapan ESG tersebut, Indra Karya berhasil meraih penghargaan dalam ajang Nusantara Plaudit 2024 dengan Peringkat 91 Platinum Papua. Penghargaan ini bentuk apresiasi terhadap komitmen perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora yang diberikan langsung oleh Chairman La Tofi School of Social Responsibility, La Tofi, dan Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala BKPM Yuliot Tanjung, sebagai penanda momen bahwa PT Indra Karya (Persero) telah berhasil menjalankan komitmen roadmap ESG yang disusun oleh La Tofi School of Social Responsibility.

Gok Ari menekankan bahwa penghargaan ini bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan sebuah awal untuk terus meningkatkan praktik keberlanjutan.

“Kami akan terus berkomitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip ESG dalam setiap aspek operasional kami, demi keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Di samping itu, Gok Ari juga optimistis dengan pencapaian ini, PT Indra Karya (Persero) berharap dapat menginspirasi perusahaan lain untuk lebih memperhatikan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

“Serta berkontribusi positif bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” ucapnya.