Jabat Wamen BUMN Kembali, Tiko Kejar Penyehatan Kimia Farma dan Waskita

JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko mengatakan di periode keduanya menjabat, dirinya akan mengejar penyehatan PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Kimia Farma Tbk.

Seperti diketahui, Tiko sebelumnya juga menjabat sebagai wakil menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Tiko berharap berlanjutnya upaya penyehatan BUMN tersebut dapat menyukseskan transformasi BUMN tahap berikutnya.

“Ya kita masih di ujung menyelesaikan beberapa restrukturisasi. Seperti Kimia Farma, Waskita. Tapi harapan kami dengan restru-restru ini kita akan memulai, mentransformasi tahap berikutnya,” kata Tiko di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, ditulis Selasa, 22 Oktober.

Selain itu, Tiko mengatakan fokus baru BUMN yakni mendorong upaya mencapai target swasembada pangan dalam lima tahun, ketahanan energi, serta mencapai target pembangunan 3 juta rumah per tahun yang digaungkan Prabowo.

Nantinya, sambung Tiko, penetapan fokus baru Kementerian BUMN itu akan menjadi penentu pembagian tugas antara dirinya dengan dua Wamen BUMN lain, yakni Dony Oskaria dan Aminuddin Ma’ruf.

“BUMN kan kita tahu lebar sekali. Kalau lihat program kerja Pak Prabowo dan Mas Gibran kan memang sektornya macam-macam. Mulai dari sektor pangan, ketahanan energi, sektor perumahan rakyat, itu nanti kita kaji bagaimana alokasi penugasan,” tutur Tiko.

Tiko juga bilang nantinya upaya yang sudah dilaksanakan dan dijalankan saat ini akan diintegrasikan dengan program Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Programnya apa, kita akan integrasikan. Contohnya tadi swasembada pangan, ya gimana nanti peran Bulog, peran Pupuk, peran PTPN gimana. Mengenai ketahanan energi, peran Pertamina gimana, peran PLN gimana. Ini kita petakan 1 hingga 2 minggu ini, kita sinergikan dengan kementerian teknis,” ujar Tiko.