Disney Plus Larang Pendaftaran dan Pembayaran Melalui App Store

JAKARTA – Pengguna Disney Plus kini tidak bisa berlangganan melalui App Store di iPhone. Larangan pembayaran melalui toko aplikasi ini juga terjadi di Hulu, platform streaming yang hanya tersedia di AS dan Jepang.

Menurut laporan sejumlah pengguna Reddit, mengutip dari Macrumors, perubahan kebijakan ini terjadi sejak 19 Oktober lalu. Ketika pengguna ingin berlangganan paket premium di Disney Plus, platform tersebut akan mengarahkan pengguna ke cara lain. 

Selain itu, saat pengguna baru mendaftarkan akun, Disney Plus akan menampilkan pesan, “Sayangnya, aplikasi ini tidak mendukung pendaftaran dalam aplikasi. Selesaikan pengaturan akun Anda di situs web. Buat dan kelola akun Anda di disneyplus.com/next. ”

Tak jauh berbeda dengan Disney Plus, Hulu juga menampilkan pesan peringatan saat pengguna ingin melakukan pembayaran di dalam aplikasi atau ingin mendaftarkan akun. Aplikasi Hulu di iOS akan mengarahkan pengguna ke situs web mereka.

Sepertinya, perubahan ini terjadi karena Disney ingin menghindari sistem potongan pendapatan yang ditetapkan oleh Apple. Setiap kali pengguna melakukan pembelian digital melalui App Store, Apple akan memungut biaya sebesar 15 hingga 30 persen untuk setiap transaksi. 

Potongan ini cukup besar untuk para pengembang, termasuk pembuat aplikasi besar seperti Disney Plus. Dengan menghapus opsi mendaftar layanan streaming menggunakan sistem pembayaran di dalam aplikasi, Apple akan berhenti mengambil potongan yang besar.

Disney Plus bukan platform streaming pertama yang mengubah kebijakan pembayaran di dalam aplikasi. Netflix menghentikan sistem berlangganan melalui aplikasi iOS sejak tahun 2018 dan menghentikan penagihan melalui Apple mulai awal tahun ini. Tujuannya sama seperti Disney, yaitu menghindari pungutan biaya Apple.