Real Madrid vs. Borussia Dortmund: Pertarungan Ulangan di Santiago Bernabeu

JAKARTA - Laga ulangan final Liga Champions 2023-24 akan kembali mempertemukan juara bertahan Real Madrid dengan Borussia Dortmund dalam fase grup Liga Champions pada  Selasa 22 Oktober atau Rabu dini hari WIB di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid.

Hampir lima bulan telah berlalu sejak tim asuhan Carlo Ancelotti menghancurkan impian Borussia Dortmund di Stadion Wembley untuk mengamankan trofi Liga Champions ke-15 mereka. Saat itu, klub Jerman itu banyak menyia-nyiakan peluang sebelum akhirnya kalah lewat dua gol kejutan di babak kedua.

Real Madrid dikenal dengan kemampuan mereka untuk bangkit dalam Liga Champions, dan musim lalu bukan pengecualian ketika mereka kembali merajai Eropa. Namun, awal musim ini tidak semulus yang diharapkan. Pada pertandingan kedua fase grup Liga Champions musim 2024-25, Real Madrid mengalami kekalahan 0-1 melawan Lille lewat gol Jonathan David, kekalahan pertama mereka di kompetisi ini sejak Mei 2023.

Meski begitu, Los Blancos sempat meraih kemenangan penting 3-1 atas Stuttgart di pertandingan pembuka. Namun, perolehan tiga poin itu belum cukup menempatkan mereka di posisi aman untuk lolos ke fase gugur, di mana mereka saat ini berada di urutan ke-17 dari 36 tim.

Setelah kekalahan dari Lille, Madrid bangkit dengan kemenangan atas Villarreal dan Celta Vigo di La Liga, membuat mereka sementara berada di puncak klasemen bersama Barcelona, menjelang laga El Clasico yang akan datang.

Sementara itu, Borussia Dortmund tampil lebih konsisten di Liga Champions. Setelah kemenangan 7-1 atas Celtic, di mana Karim Adeyemi mencetak hat-trick, tim asuhan Nuri Sahin saat ini berada di puncak klasemen dengan enam poin dari dua pertandingan. Mereka juga mencatatkan kemenangan 3-0 atas Club Brugge pada laga pembuka.

Namun, performa Dortmund di Bundesliga tidak sebaik itu. Meskipun mereka menang tipis 2-1 atas St Pauli akhir pekan lalu, dua kekalahan tandang beruntun dari Stuttgart (1-5) dan Union Berlin (1-2) mencerminkan inkonsistensi yang mengkhawatirkan. Dortmund juga tidak pernah menang di Bernabeu dalam tujuh kunjungan sebelumnya di Liga Champions, dengan lima kekalahan dan dua hasil imbang.

Real Madrid mendapatkan kabar baik dengan pulihnya Kylian Mbappe dari cedera otot yang sempat menghalanginya. Namun, mereka masih harus bermain tanpa Dani Carvajal, yang menjalani operasi lutut dan dipastikan absen hingga akhir musim.

David Alaba dan Brahim Diaz juga masih cedera. Posisi bek kanan akan kembali diisi oleh Lucas Vazquez, sementara Ferland Mendy diprediksi akan menggantikan Fran Garcia di sisi kiri pertahanan.

Di lini serang, Rodrygo kemungkinan akan menggantikan Eduardo Camavinga dalam susunan pemain. Mbappe dan Vinicius Jr. akan memimpin serangan Madrid dalam upaya untuk mengamankan tiga poin penting.

Di kubu Borussia Dortmund, mereka harus kehilangan bintang mereka Karim Adeyemi, yang mengalami cedera hamstring setelah penampilan gemilangnya melawan Celtic. Adeyemi akan absen hingga akhir November.

Selain Adeyemi, Dortmund juga tidak bisa menurunkan Julien Duranville (cedera paha), Giovanni Reyna (cedera pangkal paha), dan Yan Couto (cedera otot). Pascal Gross dan Niklas Sule masih diragukan tampil setelah cedera pada akhir pekan lalu.

Jamie Bynoe-Gittens berpeluang besar menggantikan Gross jika dibutuhkan, dan jika mencetak gol, ia akan menjadi pemain Inggris termuda yang mencetak gol melawan Real Madrid di Liga Champions, memecahkan rekor Alan Smith pada tahun 2001.

Prakiraan Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3):

Courtois; Vazquez, Militao, Rudiger, Mendy; Bellingham, Tchouameni, Valverde; Rodrygo, Mbappe, Vinicius Jr.

Borussia Dortmund (4-2-3-1):

Kobel; Ryerson, Anton, Schlotterbeck, Bensebaini; Can, Sabitzer; Malen, Brandt, Gittens; Guirassy.