Porsche Luncurkan 911 GT3 Terbaru, Makin Agresif dari Sebelumnya

JAKARTA - Porsche mengumumkan peluncuran pembaruan model 911 GT3 yang ikonis. Pabrikan dari Jerman ini menawarkan dua varian yang dapat dipilih, yakni GT3 dan GT3 Touring.

Melansir dari laman resmi merek, Senin, 21 Oktober, mobil ini memiliki penyegaran kecil namun memiliki sejumlah penyesuaian yang membantu performa, termasuk sasis lebih halus serta tambahan fitur personalisasi.

Model 911 GT3 terbaru memiliki bagian depan dan belakang lebih aerodinamis dengan diffuser depan yang didesain ulang dan sirip telah dimodifikasi pada bagian bawah bodi mobil demi meningkatkan downforce sekaligus mengoptimalkan aerodinamika.

Pencahayaan depan Matrix LED juga didesain ulang dengan aksen putih sebagai opsional, menggabungkan semua fungsi lampu 911 dan menghilangkan kebutuhan akan lampu tambahan di apron depan.

Hal ini memungkinkan area saluran masuk udara diperbesar dan tampilan terstruktur dengan jelas. Di bagian belakang, diffuser, saluran masuk udara, dan penutup belakang telah didesain ulang. Sayap belakang 911 GT3 memiliki pelat samping bersudut baru.

Brand juga menggunakan trailing arm dikembangkan secara khusus berbentuk aerodinamis, meningkatkan downforce pada lengkungan roda pada kecepatan tinggi dan meningkatkan pendinginan rem.

Untuk memastikan keseimbangan downforce antara gandar depan dan belakang tetap terjaga bahkan saat melakukan pengereman dari kecepatan tinggi, para insinyur telah mengurangi pitching (antidive) di bagian suspensi.

Kemudian, 911 GT3 terbaru mengusung ban sport 255/35 ZR 20 di bagian depan dan 315/30 ZR 21 di belakang yang menawarkan daya cengkeram lebih baik ketika berada dalam kondisi basah.

Sementara, Touring package menawarkan opsi yang sporty dan agresif seperti spoiler belakang lebih memanjang, penutup gurney, dan desain sirip yang meningkatkan unsur aerodinamika.

Bagian dalam tampil lebih sporty dengan kursi bucket yang lebih ringan dengan cangkang kursi terbuat dari CFRP sebagai opsional. Kemudian, Kursinya dilengkapi dengan kantung udara dada terintegrasi, penyetelan ketinggian elektrik, penyetelan memanjang manual, dan pemanas kursi tiga tahap tersedia sebagai opsi.

Porsche 911 GT3 dibekali dengan mesin 4,0 liter boxer yang memberikan kedinamisan dalam berkendara. Ini dapat memberikan tenaga mencapai 510 ps yang digabungkan dengan transmisi tujuh percepatan dual-clutch dan enam percepatan manual.

Ini membuat 911 GT3 dapat berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3,4 detik dan dapat menempuh kecepatan tertinggi 311 km/jam. Kemudian untuk girboks manual, model ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 3,9 detik dengan kecepatan 313 km/jam.

Porsche belum umumkan harga untuk model 911 GT3 dan 911 GT3 Touring package. Namun, dipastikan keduanya bisa dipesan pada akhir tahun.