Investor Kripto Cuan Banyak dari Token TRUMP, Rp1,48 Juta Jadi Rp46,5 M, Kok Bisa?

JAKARTA - Memecoin alias koin meme adalah aset kripto yang ditujukan untuk bersenang-senang atau sekadar lucu-lucuan belaka. Oleh karena itu, koin meme kerap terinspirasi dari berbagai hal yang viral di dunia maya. Meski berisiko, sebagian investor melihat koin meme yang volatil ini sebagai peluang emas lantaran kenaikan harga yang signifikan dalam waktu cepat.  

Kali ini, seorang investor kripto berhasil mengubah modal kecil sebesar 96 dolar AS (Rp1,48 juta) menjadi lebih dari 3 juta dolar AS (Rp46,5 miliar) melalui perdagangan token TRUMP (MAGA). Laporan dari platform analisis blockchain Lookonchain mengungkapkan bahwa investor ini memperoleh keuntungan luar biasa hingga 32.000 kali lipat dari modal awal yang diinvestasikan dalam token yang baru diluncurkan tersebut.

Transaksi ini dimulai pada 12 Agustus 2023 ketika investor tersebut membeli 608.650 token TRUMP hanya dengan 0,052 ETH atau setara 96 dolar AS (Rp1,48 juta) pada saat itu.Token TRUMP, yang saat itu baru terdaftar di beberapa bursa kripto terdesentralisasi (DEX), terus mengalami kenaikan nilai yang signifikan dalam beberapa bulan setelahnya, memungkinkan investor ini untuk meraup keuntungan besar.

Dok. Etherscan via Lookonchain

Dalam upaya memaksimalkan keuntungan, investor mulai menjual sebagian kepemilikannya. Hingga kini, ia telah menjual 6.000 token TRUMP seharga 11,4 ETH, senilai sekitar 30.000 dolar AS (Rp465 juta). Namun, investor tersebut masih memegang sekitar 594.564 token TRUMP, yang kini bernilai sekitar 3,06 juta dolar AS (Rp47,43 miliar).

Peningkatan harga token TRUMP kemungkinan besar dipicu oleh meningkatnya minat publik terhadap pemilihan presiden Amerika Serikat dan keterlibatan Donald Trump di dunia politik. Faktor-faktor ini turut mendorong minat pasar kripto terhadap token TRUMP.

Dalam sepekan terakhir, harga token TRUMP melonjak lebih dari 15%, dan terus menunjukkan tren positif. Bahkan dalam 24 jam terakhir, harga token ini naik lebih dari 5%. Pada saat artikel ini ditulis, token TRUMP diperdagangkan dengan harga 5,43 dolar AS (Rp84.165) per token. Dalam satu pekan terakhir, TRUMP (MAGA) naik 7,3% berdarsarkan data CoinGecko, 18 Oktober 2024.