Website Google Photos Kini Bisa Cadangkan Folder Foto Secara Otomatis

JAKARTA – Google Photos untuk versi web telah mendapatkan fitur baru. Mulai Jumat, 18 Oktober, situs web Google Photos bisa mencadangkan seluruh folder di komputer secara otomatis untuk menyimpan foto.

Kemampuan ini akan bekerja saat pengguna mengunjungi web Photos melalui Chrome. Google akan membaca tindakan pengguna, seperti folder apa yang biasanya dipilih untuk mengunggah gambar dan video. 

Selain membaca tindakan pengguna, platform penyimpanan foto berbasis cloud ini juga bisa melakukan penyingkiran otomatis melalui fitur yang tersedia. Pengguna akan melihat tombol Unggah di bagian atas tampilan Google Photos. 

Mengutip dari 9to5google, pengguna akan melihat menu Cadangkan Folder saat mengetuk tombol Unggah. Sebelum memilih folder yang ingin dicadangkan secara otomatis, pengguna harus mengizinkan Google Photos untuk mencadangkan folder yang ingin dipilih.

Jika sudah memberikan izin, saat pengguna mengakses tombolnya lagi, jendela Folder Backup akan muncul dan menunjukkan file-file terpilih. Pengguna bisa menghapus file yang tidak diinginkan dan menambahkan file yang baru.

Fitur mencadangkan folder secara otomatis tersedia di web Google Photos selama pengguna mengaksesnya melalui Chrome. Sepertinya tidak ada batasan perangkat karena fiturnya bisa diakses di perangkat Windows maupun Chromebook.

Ini merupakan solusi yang tepat bagi pengguna yang malas melakukan pencadangan foto secara mandiri. Jika Anda belum melihat fitur ini, Anda perlu menunggu hingga fiturnya tersedia secara luas.