Toyota GR Corolla Transmisi Manual Diramal Tetap Jadi Primadona, meski Tersedia Pilihan Otomatis

JAKARTA - Toyota telah luncurkan pembaruan GR Corolla beberapa waktu lalu dengan penambahan performa serta ditawarkannya transmisi otomatis untuk pertama kalinya yang sebelumnya hanya tersedia dalam pergantian gigi manual enam percepatan.

Adanya penambahan opsi transmisi kedua pada hot hatch tersebut, manakah yang diminati oleh para pembeli dari mobil ini?

Juru bicara Toyota memperkirakan bahwa transmisi manual masih sangat diminati oleh para pembeli, meski telah ditambahkan opsi otomatis yang memudahkannya dalam pergantian gigi dan tidak perlu menginjak pedal ketiga.

“Kami memperkirakan pembagian 80 persen manual dan 20 persen otomatis,” kata juru bicara pabrikan dikutip dari CarBuzz, Jumat, 18 Oktober.

Tentu hal ini bukanlah yang mengejutkan mengingat GR Corolla merupakan mobil yang berfokus pada kesenangan berkendara dan performa. Tidak hanya itu, opsi manual merupakan yang termurah dibandingkan otomatis.

Meskipun demikian, Toyota mengeklaim GR Corolla transmisi otomatis memiliki beragam kemampuan yang tidak kalah dengan manual dan dirancang dengan cerdas sehingga dapat menyesuaikan pergantian gigi dengan gaya berkendara pengemudi.

Baik transmisi otomatis maupun manualnya akan membantu mesin G16E-GTS 1,6 liter 3-silinder turbo dengan tenaga mencapai 300 dk dan torsi 400 Nm atau lebih besar dari sebelumnya.

Dibangun di atas platform TNGA-C, GR Corolla memiliki pusat gravitasi yang rendah dengan ban dari Michelin Pilot Sport 4 235/40R18 membungkus pelek 18 inci hitam kilap pada varian Core dan Premium serta hitam matte untuk Premium Plus.

Eksterior mobil ini juga mengalami perubahan seperti bumper depan untuk meningkatkan efisiensi pendinginan. Perubahan ini diperlukan untuk mengakomodasi radiator, intercooler, saluran rem, pendingin tambahan, dan pendingin oli transmisi otomatis.

Selain eksterior, pabrikan juga merevisi bagian suspensi, termasuk penambahan peredam kejut depan dan belakang. Kemudian, titik pemasangan lengan trailing arm belakang juga dinaikkan demi mengurangi gejala squat saat berakselerasi dan meningkatkan pengendaliannya.

GR Corolla 2025 dibanderol dengan harga mulai dari 38.860 dolar AS (Rp603,3 juta) untuk varian dasar Core bertransmisi manual hingga termahalnya Premium Plus dengan girboks otomatis senilai 47.515 dolar AS (Rp737,6 juta).