Penyaluran Dana Bergulir LPDB-KUMKM Mencapai Rp1.465 Triliun hingga September 2024

JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) melaporkan, total penyaluran dana bergulir LPDB-KUMKM telah mencapai Rp1.465 triliun hingga September 2024 ini.

Adapun LPDB-KUMKM diberikan target untuk menyalurkan dana bergulir sebesar Rp1.850 triliun sepanjang tahun ini.

"Khusus untuk 2024 sampai dengan September, yang sudah kami salurkan adalah Rp1.465 triliun," ujar Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo dalam konferensi pers di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Kamis, 17 Oktober.

Supomo menilai, penyaluran dana bergulir ini sudah on the track dengan total capaian sekitar 78 persen. Dia pun optimistis, bahwa penyaluran dana bergulir ini bisa mencapai target hingga akhir tahun nanti.

"Jadi, insyaallah sampai dengan akhir tahun kami akan mencapai (target) karena memang secara internal LPDB sudah kontrak setiap awal atau akhir tahun dengan Kementerian Keuangan," ucapnya.

Adapun sejak 2008 sampai dengan Oktober 2024 ini, total penyaluran dana bergulir LPDB-KUMKM telah mencapai Rp19,11 triliun. "Kemudian capaian secara real, LPDB tuh sampai dengan saat ini yang sudah disalurkan mencapai Rp19,11 triliun," kata Supomo.

"Jadi, apa yang harus kami lakukan? Ya, kami konsentrasi dengan kontrak IKU, yang mana kontrak IKU itu ada 11 indikator kinerja utamanya," ungkap dia.

Sekadar informasi, dana bergulir LPDB-KUMKM terbagi menjadi dua pola, yakni pola konvensional dan syariah. Adapun hingga Oktober 2023, penyaluran pola konvensional telah mencapai Rp762 miliar dan syariah Rp479 miliar, dengan total 160 mitra koperasi.