Cara Mengatasi Nafsu Makan yang Berlebih Saat Menstruasi

JAKARTA- Perubahan nafsu makan ketika menstruasi atau haid merupakan hal wajar bagi seorang perempuan. Hal ini terjadi diakibatkan oleh perubahan hormon.

Meski rasa lapar berlebih saat menstruasi adalah hal wajar, namun harus tetap mengontrolnya agar makanan yang dikonsumsi tetap yang bernutrisi dan berat badan tidak bertambah. Ini beberapa cara mengatasi nafsu makan berlebih ketika menstruasi diadaptasi dari Verywell Mind.

1. Terapkan pola makan yang seimbang

Kebiasaan menerapkan pola makan yang seimbang sangat berpengaruh mengatasi rasa lapar berlebih saat haid. Makanan padat nutrisi akan menyeimbangkan hormon dan mencegah rasa cepat lapar.

Oleh karena itu, biasakan untuk mengonsumsi banyak protein tanpa lemak, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Kurangi asupan makanan olahan, lemak jenuh, kafein, garam, hingga alkohol.

2. Rutin olahraga

Olahraga secara rutin memang memiliki banyak manfaat termasuk ketika menstruasi, karena bisa meningkatkan mood akibat fluktuasi hormon. Olahraga juga membantu mengontrol nafsu makan Anda ketika haid.

3. Tetap porsi makanan dan pilih camilan sehat

Meski ingin mengonsumsi banyak makanan ketika haid, penting bagi Anda untuk berkomitmen menahannya. Anda dapat melakukannya dengan menetapkan porsi makanan agar tidak memakan secara berlebihan.

Tak hanya itu, pilihlah camilan sehat kaya nutrisi untuk mengatasi rasa lapar Anda. Seperti yogurt rendah lemak, kacang-kacangan, hingga buah.

4. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup juga sangat berpengaruh pada nafsu makan ketika menstruasi. Tubuh yang terhidrasi dengan baik mampu membantu mengurangi nafsu makan yang berlebih.