Cara Mengatasi Ayam Tidak Mau Makan: Pemula Wajib Baca!
Cara Mengatasi Ayam Tidak Mau Makan (Gambar JOHN TOWNER - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Cara mengatasi ayam tidak mau makan itu sebenarnya sangat perlu diketahui bagi kalian peternak ayam yang masih pemula, karena bila dibiarkan nanti ayam bisa sakit dan beresiko hingga akibatkan kematian. Nah, kali ini kita akan kupas tuntas bagaimana solusinya di sini, simak sampai selesai ya!

Banyak dari kalangan peternak dan pebisnis ayam pemula yang mengeluhkan soal ayam tidak nafsu makan. Hal ini bakal berakibat pada daging dan juga telur yang diperoduksi oleh ayam. Sebelum jauh mencari tahu cara mengatasinya alangkah baiknya untuk mengenali apa saja penyebabnya.

Penyebab Ayam Tidak Nafsu Makan

1. Tidak Ingin Makan Sebab Stress

Ayam sehat tidak ingin makan dapat terjadi akibat tingkatan stress yang cukup besar. Terdapat banyak aspek yang menimbulkan ayam stress.

Walaupun demikian, peternak hendaknya sebisa mungkin menghindari ayam stress supaya bebas dari bermacam gangguan kesehatan.

2. Ayam Sehat Namun Mengalami Radang

Gejala berikutnya dari ayam yang susah buat makan yaitu terbentuknya radang pada usus, dengan karakteristik timbulnya diare. Perihal ini membuat nafsu makan menyusut ekstrem, sebab unggas merasa sakit apabila ada bahan makanan masuk ke dalam organ pencernaan.

Hampir sama seperti manusia, organ tersebut terluka serta dindingnya terkikis. Oleh karenanya, mereka jadi tidak nafsu terhadap bermacam tipe makanan.

3. Tipe Makanan yang Tidak Sesuai

Aspek berikutnya yaitu tipe pakan yang Kalian kasih pada ternak Kalian. Pastikan Kalian memberikan pakan yang cocok dengan kemauan serta kebutuhan gizi ayam.

Walaupun ada banyak jenisnya, upayakan Kalian memberikan pakan ayam sesuai kebutuhan ayam. Dalam pakan yang kalian kasih, wajib ada protein, lemak, serat, dan karbohidrat buat ayam.

4. Tidak Ingin Makan Karena Sembelit

Kondisi selanjutnya yaitu sembelit, dimana terjadi penyusutan motilitas usus. Motilitas usus ialah gangguan pada otot sistem pencernaan yang meyebabkan perubahan kecepatan serta kekuatan organ pencernaan.

Perihal ini jadi pemicu utama terbentuknya kanker usus. Pada gangguan ini, tinja/kotoran yang dihasilkan memiliki pergerakan sangat lambat di dalam usus, serta apabila dibiarkan bakal merangsang tumbuhnya benih kanker.

Bila ternak Kalian telah terkena sembelit, maka bukan cuma malas buat makan namun mereka pula nampak sulit sekali buat buang air besar. Dengan keadaan semacam ini, maka sensor otak bakal berikan sinyal sudah kenyang, sementara itu sistem pencernaan terus meminta makanan.

Apabila dibiarkan, maka dapat terkena penyakit kanker. Penyakit ini bakal segera menyebar ke seluruh badan serta susah buat dipulihkan.

Cara Mengatasi Ayam Tidak Mau Makan

Ayam sehat tidak ingin makan ini dipengaruhi beberapa aspek. Buat menanggulangi hal ini, Kalian dapat memberikan pakan yang bisa penuhi kebutuhan nutrisinya, memeriksa kondisi kesehatan ayam, serta menaikkan nafsu makan ayam dengan memakai suplemen. Berikut penjelasan lebih rincinya:

I. Berikan Pakan Bergizi serta Berkualitas

Bila ayam sehat tetapi tidak ingin makan, perihal yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu memastikan pakan yang Kalian kasih cocok dengan kebutuhan gizinya serta mempunyai mutu yang baik.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, pemberian pakan yang baik merupakan pemberian pakan yang menyesuaikan kandungan gizi pakan dengan kebutuhan nutrisi ayam sesuai dengan tipe serta usianya.

Oleh karenanya, pastikan kandungan nutrisi pakan semacam protein, lemak, karbohidrat balance serta sesuai dengan kebutuhan. Umumnya, kandungan karbohidrat yang sangat banyak inilah yang bisa menyebabkan ayam tidak nafsu makan.

II. Memeriksa Apakah Ayam sedang Sakit

Penyakit ialah salah satu pemicu yang bisa menimbulkan ayam tidak nafsu makan. Oleh karenanya, perihal awal yang dapat Kalian jalani yaitu memastikan kalau ayam Kalian tidak sakit. Ada baiknya Kalian melangsungkan pengecekan ini secara teratur serta tidak perlu menunggu timbulnya permasalahan terlebih dahulu.

Walaupun nampak sehat, bisa saja Kalian melupakan beberapa indikasi penyakit yang Kalian belum pahami. Secara umum, Kalian dapat membedakan ayam yang sehat serta sakit dari kondisi mata, jengger, bulu, kotoran, sampai keaktifannya dalam bergerak. Walaupun demikian, masing-masing penyakit mempunyai gejalanya sendiri- sendiri.

III. Memberikan Suplemen Penambah Nafsu Makan

Bila upaya-upaya di atas telah Kalian jalani tetapi ayam tetap tidak ingin makan, Kalian bisa menerapkan upaya terakhir yakni memberikan suplemen penambah nafsu makan ayam.

Suplemen ialah asupan ekstra buat ayam yang mempunyai banyak khasiatnya, seperti misalnya menaikkan nafsu makan, menguatkan daya tahan tubuh, meningkatkan fungsi saluran pencernaan, serta lain sebagainya.

Walaupun demikian, memilih suplemen yang dibuat dari produsen yang berkualitas serta terpercaya supaya tidak membahayakan peternakan Kalian.

Bicara soal ayam ternyata ada “Bule Rusia di Bali Bikin Petisi Komplain Ayam Berkokok”, seperti apa ceritanya? Baca di linknya ya!

Jadi setelah mengetahui cara mengatasi ayam tidak mau makan, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!