Meluncur Tahun Depan, Toyota Corolla Generasi Baru Pakai Sistem Hybrid dari BYD?

JAKARTA - Toyota Corolla telah memasuki generasi ke-12 yang diperkenalkan pada tahun 2018 lalu. Karena telah cukup lama, Toyota perlu merilis generasi terbarunya agar produk tersebut terlihat lebih segar dan sesuai zaman.

Makanya, model ikonis generasi ke-13 akan hadir dalam beberapa waktu mendatang dan akan diluncurkan secara world premiere sekitar tahun 2025.

Melansir dari media Jepang BestCar, Kamis, 17 Oktober, Corolla generasi terbaru akan dirilis pada tahun 2025 sebagai model tahun 2026. Hal menariknya lainnya, mobil ini sebagai bagian dari rencana strategi multi-pathway perusahaan. Dengan demikian, ada kemungkinan akan dibekali sistem hybrid terbaru.

Mobil ini akan ditenagai oleh mesin 1,5 liter 4-silinder segaris terbaru yang diperkenalkan pada Mei lalu. Selain itu, terbuka peluang bahwa Corolla akan memiliki sistem Hybrid Electric Vehicle (HEV) maupun Plug-In Hybrid (PHEV).

Meskipun detail spesifikasinya belum diungkap, mesin tersebut diperkirakan akan memiliki tenaga mencapai 130 ps digabungkan motor listrik berkekuatan 100 ps. Jika ditambahkan opsi turbo, maka tenaganya bisa mencapai 180 ps.

Selain itu, ada potensi bahwa Corolla terbaru akan hadir dengan sistem plug-in hybrid (PHEV) terbaru dari BYD. Ini dapat mencapai efisiensi termal sebesar 46,06 persen untuk mesin 1,5 liter. Lebih lanjut, total daya jelajahnya menggabungkan bensin dengan baterai juga mengesankan hingga 2.100 km.

Namun, potensi lainnya adalah Toyota mengembangkan sistem Dynamic Force terbaru yang memiliki efisiensi lebih bagus dari generasi saat ini atau bahkan lebih baik dari BYD. Sebagai gambaran, penggerak generasi saat ini memiliki efisiensi termal sebesar 41 persen.

Berbicara desain, Corolla generasi terbaru akan mengadopsi bahasa desain milik Toyota saat ini yang telah digunakan pada Prius dan Camry. Kemungkinan model tersebut akan hadir dalam beberapa versi, salah satunya wagon yang cukup populer di Eropa dan pasar lainnya.