Apple Kembangkan Proyektor Canggih yang Tampilkan Konten AR dan VR Tanpa Headset!

JAKARTA - Apple dikabarkan sedang mengembangkan proyektor revolusioner yang mampu menampilkan konten augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) langsung di meja atau dinding rumah maupun kantor, tanpa perlu menggunakan headset.

Proyektor ini diungkapkan dalam paten terbaru yang diterbitkan hari ini, di mana teknologi tersebut memungkinkan pengguna melihat gabungan konten resolusi rendah dan tinggi yang diproyeksikan ke berbagai permukaan.

Menurut laporan dari Patently Apple, ini bukan pertama kalinya Apple mengajukan paten terkait sistem proyeksi digital, namun paten kali ini menunjukkan versi paling canggih yang pernah ada. Salah satu skenario penggunaannya adalah memungkinkan orang lain melihat versi konten AR/VR yang sedang dilihat oleh pengguna perangkat AR/VR, seperti Vision Pro.

Proyektor ini dilengkapi dengan sistem LED beresolusi tinggi yang dapat menampilkan gambar dua dimensi dari konten AR atau VR yang dilihat pengguna, ke permukaan seperti meja atau lantai. Hal ini memungkinkan orang di sekitar untuk ikut menikmati pengalaman virtual tanpa harus mengenakan perangkat AR/VR.

Uniknya, Apple menyatakan bahwa teknologi ini bisa diintegrasikan ke dalam perangkat berbentuk bohlam lampu dan dapat dipasang di soket lampu biasa. Proyektor juga dikatakan mampu mendeteksi ukuran, bentuk, dan tekstur ruangan menggunakan kamera cahaya tampak atau inframerah untuk memproyeksikan gambar yang paling realistis.

Walau belum ada kepastian apakah perangkat ini akan dipasarkan sebagai produk mandiri, konsep ini memberi gambaran masa depan di mana proyeksi AR/VR bisa dinikmati secara luas tanpa perlu perangkat tambahan seperti headset.