BYD M6 Meluncur di Malaysia, Harganya Lebih Mahal Ketimbang di Indonesia

JAKARTA - Setelah resmi meluncur perdana di Indonesia atau 'World Premiere' di pameran GIIAS 2024 Juli lalu, akhirnya BYD M6 resmi mendarat di Malaysia.

Mengutip dari laman Paultan, MPV listrik menjadi model keempat yang ditawarkan di Malaysia, dan model yang dihadirkan diimpor utuh sepenuhnya dari China dalam dua varian.

Untuk varian BYD M6 Standar dibanderol 109.800 ringgit atau kisaran Rp397 jutaan, dan varian Extended yang dijual seharga 123.800 ringgit (Rp447 jutaan). Jika dibandingkan dengan di Indonesia harganya lebih mahal, di Indonesia varian terendah ada di angka Rp379 jutaan.

Namun untuk pasar Malaysia berbeda dengan Thailand dan Indonesia, dimana  hanya akan mendapatkan satu konfigurasi tempat duduk untuk model ini, yaitu yang memiliki tujuh tempat duduk. Untuk pasar Indonesia sendiri ada konfigurasi enam tempat duduk yang dibanderol Rp429 jutaan atau menjadi varian tertinggi.

Secara spesifikasi, dimensi BYD M6 memiliki panjang  4.710 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.690 mm, dengan jarak sumbu roda 2.800 mm. Dari sisi desain, M6 memiliki bagian depan yang tampak jauh lebih tajam, dengan palang perak lebar penuh (menampung skrip BYD) yang menghubungkan lampu depan LED multiproyektor yang telah direvisi. Lampu ini berada di atas sisipan bemper berbentuk sayap yang terhubung dengan rapi ke intake udara ramping dan aksen krom.

Mengenai kapasitas baterai, daya keluaran, dan performa, Standard dilengkapi baterai Blade lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas 55,4 kWh yang menggerakkan motor listrik yang dipasang di bagian depan, yang menghasilkan daya 163 PS (161 hp atau 120 kW) dan torsi 310 Nm. Mobil satu ini menawarkan jarak tempuh 420 km dalam hitungan NEDC. Extended memiliki baterai 71,8 kWh yang lebih besar, yang menyediakan perjalanan hingga 530 km (NEDC), dan motornya memiliki daya keluaran yang lebih tinggi, menghasilkan 204 PS.

Untuk pengisian daya, M6 Standard dapat menerima pengisian daya cepat DC hingga 89 kW, sedangkan Extended dapat menerima hingga 115 kW, yang terakhir memerlukan waktu 40 menit untuk mengisi daya baterai dari 10 hingga 80 persen. Sementara itu, pengisian daya AC dibatasi hingga 7 kW pada kedua varian.