Shin Tae-yong: Keinginan China untuk Menang Lebih Besar

JAKARTA - Timnas Indonesia menelan kekalahan saat bertandang ke markas China, Qingdao Youth Football Stadium, pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Pada laga keempat Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 itu, Skuad Garuda takluk 1-2.

Meski demikian, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi penampilan pasukannya. Dia menilai seluruh pemain telah memberikan yang terbaik sepanjang pertandingan.

"Walaupun kalah, Timnas Indonesia telah menunjukkan penampilan terbaiknya," kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui bahwa China memiliki keinginan lebih besar untuk menang ketimbang Timnas Indonesia. Apalagi, Dragon Team didukung penuh oleh suporter.

"Selamat kepada China yang telah memenangi pertandingan ini. Baik China maupun Indonesia sebetulnya sama-sama menunjukkan keinginan untuk menang. Namun, keinginan China jauh lebih besar," tutur pelatih berusia 54 tahun tersebut.

Hasil tersebut menjadi kekalahan pertama Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada tiga laga sebelumnya, Skuad Garuda berhasil meraup tiga poin dari hasil seri melawan tim sekelas Arab Saudi (1-1), Australia (0-0), dan Bahrain (2-2).

Tentu saja, kekelahan dari China terbilang antiklimaks lantaran Timnas Indonesia diprediksi bisa mengambil kemenangan perdananya.

Skuad Garuda sudah tertinggal 0-2 pada babak pertama melalui gol Behram Abdulweli (21') dan Zhang Yuning (44').

Indonesia cuma bisa membalas satu gol di paruh kedua melalui Thom Haye (86') meski hampir sepanjang babak mengurung China.