YouTube Luncurkan Fitur Baru: Miniplayer, Pengaturan Kecepatan Putar, dan Banyak Lagi

JAKARTA– YouTube kembali menghadirkan sejumlah pembaruan menarik yang sebelumnya telah diuji coba selama beberapa bulan terakhir. Pembaruan ini mencakup miniplayer baru, pengaturan kecepatan putar yang lebih halus, timer tidur, dan sejumlah fitur lainnya yang diharapkan akan memperkaya pengalaman menonton pengguna.

Aplikasi YouTube di Android dan iOS kini menghadirkan miniplayer baru yang terlihat lebih modern. Tidak lagi menggunakan bar kedua di atas bar bawah, miniplayer kini menyerupai jendela picture-in-picture yang lebih fleksibel. Video akan ditampilkan dengan tombol tutup di sudut, sementara strip di bawahnya menampilkan tombol play/pause dan rewind/forward 10 detik. Pengguna juga dapat memindahkan dan memperbesar miniplayer di dalam aplikasi.

Selain itu, YouTube menghadirkan fitur Sleep Timer yang tersedia untuk semua pengguna (baik gratis maupun Premium). Timer ini memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan kapan video akan berhenti diputar, dengan opsi waktu mulai dari 10 menit hingga 1 jam, atau hingga akhir video.

Pengaturan kecepatan putar juga mendapatkan pembaruan dengan UI yang lebih intuitif. Pengguna kini dapat mengatur kecepatan putar video dalam kenaikan 0.05x menggunakan slider, plus tombol plus/minus, serta beberapa preset kecepatan di bagian bawah.

Pembaruan Playlist dan Fitur Lainnya

Pembaruan lain termasuk kemampuan membuat thumbnail playlist khusus menggunakan gambar pengguna sendiri atau AI. Selain itu, playlist kolaboratif akan hadir di YouTube utama melalui link atau kode QR di TV. Nantinya, pengguna juga dapat memberikan voting pada video di playlist untuk menentukan peringkat video yang ada.

YouTube juga memperkenalkan Lencana Penghargaan yang merayakan pencapaian unik pengguna di platform, seperti menjadi salah satu anggota berbayar pertama di sebuah channel, atau berhasil menyelesaikan kuis dengan benar.

Di YouTube Music, lencana bisa didapatkan untuk pengguna yang menjadi pendengar top dari artis favorit mereka atau mendapatkan 'heart' dari kreator di komentar. Fitur ini akan tersedia di tab You dalam beberapa minggu ke depan.

Pembaruan ini menambah fungsionalitas dan memperkaya pengalaman pengguna di YouTube, menjadikannya platform yang semakin interaktif dan personal.