Indonesia Kian Diperhitungkan, China Tak Mau Sesumbar

JAKARTA - Pertarungan China vs Indonesia akan tersaji di laga keempat Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa, 15 Oktober 2024.

China sadar betul Indonesia bukanlah tim yang sama ketika dihadapi satu dekade silam. Skuad Garuda kini diperhitungkan di Asia.

Belum lagi hasil tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sebelumnya yang mana Indonesia lebih baik ketimbang China meski mereka cuma berbeda satu peringkat.

Indonesia memang punya peringkat FIFA paling rendah di Grup C, tapi pelatih China, Branko Ivankovic tak mau sesumbar.

Soalnya, Skuad Garuda bisa menahan raksasa Asia, Arab Saudi dan Australia, di dua laga awal.

Timnas Indonesia saat ini ada di peringkat keempat klasemen Grup C dengan tiga poin dari tiga laga. Beda jauh dengan China yang belum mendulang poin dengan jumlah laga sama.

Karena itu, Ivankovic memahami betul bahwa pasukannya harus bekerja sangat keras jika ingin mendapat poin pertamanya.

"Lawan kami berikutnya, Indonesia, adalah tim yang kuat. Kami tahu mereka memiliki banyak pemain yang bermain di liga Belgia dan Belanda."

"Jadi, kami harus agresif dan berambisi untuk mendapatkan hasil yang kami inginkan. Sekarang tampaknya kami sangat dekat untuk mendapatkan poin. Kami akan terus bekerja keras," kata Ivankovic di laman AFC.

Terlepas dari itu, menilik kekuatan pesaing di Grup C yang di luar dugaan, China punya target tidak muluk.

Ivankovic membidik Putaran Keempat Kualifikasi sebagai peringkat ketiga atau keempat yang dirasa paling realistis ketimbang bertarung memperebutkan dua teratas Grup C.

"Pada tujuh pertandingan berikutnya, tujuan kami adalah berada di empat besar, lolos ke babak berikutnya (Putaran Keempat). Terpenting mempertahankan harapan untuk masuk ke Piala Dunia," ujar Ivankovic lagi.