Soal Berhentinya Model GR Supra, Toyota: Itu Tidak Benar!

JAKARTA - Teka-teki mengenai nasib model GR Supra terjawab sudah. Toyota memastikan bahwa mobil sport ini tidak akan dihentikan dan akan tersedia generasi berikutnya dalam beberapa tahun mendatang.

Vice President Sales and Marketing Toyota Australia Sean Hanley, menegaskan bahwa mobil ini akan memiliki generasi penerusnya dan membantah bahwa GR Supra akan disuntik mati.

“Itu hanya spekulasi, kami tegaskan Supra bukanlah model yang akan diberhentikan,” kata Hanley dikutip dari Drive, Senin, 14 Oktober.

Sayangnya, ia tidak mau menyebutkan waktu kelahiran dari generasi terbarunya. Tetapi, Hanley memastikan bahwa GR Supra akan tetap eksis hingga beberapa tahun mendatang.

“Banyak pihak yang bertanya mengenai waktu peluncurannya. Saat model barunya diluncurkan, kami telah mulai memikirkan model berikutnya. Jadi, kalian harus menunggu kapan generasi terbarunya akan hadir,” tambah Hanley.

Ini sekaligus membantah kabar bahwa GR Supra akan mengikuti jejak BMW Z4 yang akan disuntik mati. Dilaporkan berhentinya produksi dua model ini sebagai imbas dari masalah yang dihadapi Magna Steyr, pabrik yang memproduksi kedua model ini di Austria. Tercatat bahwa perusahaan ini telah memberhentikan sekitar 500 karyawan di Graz.

Langkah yang diambil oleh Magna Steyr harus dilakukan karena sejumlah model rakitan mereka seperti BMW Seri-5, Jaguar E-Pace dan I-Pace, dan Fisker Ocean akan segera berakhir.

Meskipun demikian, Toyota sedang mengevaluasi berbagai kemungkinan agar model ikonik ini dapat bertahan di pasar. Salah satu langkah yang akan dilakukan ialah membangun sasis sendiri.

Dikembangkan oleh divisi performa tinggi Gazoo Racing (GR), model ini dibangun di satu platform yang sama dengan BMW Z4. GR Supra juga merupakan suksesor dari generasi keempat yang dihentikan produksinya pada 2002 lalu.

Saat ini, mobil sport ini dibekali oleh mesin berkapasitas 3,0 liter 6-silinder segaris yang disuplai dari BMW sehingga menghasilkan tenaga mencapai 382 dk menjadikannya salah satu mobil produksi Toyota paling bertenaga di era modern.