Debut Mengesankan Mees Hilgers, Buat Bahrain Tak Bisa Cetak Gol dari Open Play

JAKARTA - Mees Hilgers akhirnya menjalani debutnya bersama Timnas Indonesia ketika melawat ke kandang Bahrain pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Penampilan perdana bek FC Twente itu nyaris berbuah tiga poin perdana Indonesia di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sayang, kemenangan Skuad Garuda di depan mata sirna lantaran kepemimpinan kontroversial wasit Ahmed Al Kaf. Alhasil, Indonesia cuma membawa pulang satu poin dari hasil 2-2.

Terlepas dari itu, penampilan Hilgers dalam debutnya sangat solid. Dia tampil penuh selama 90 menit dan menjadi salah satu aktor kokohnya pertahanan Timnas Indonesia.

Hilgers yang dipasang menemani Jay Idzes dan Jordi Amat sebagai starter banyak melindungi Maarten Paes.

Kolaborasinya di sisi kanan pertahanan dengan Sandy Walsh membuat Bahrain frustrasi.

Bahkan, pemain 23 tahun tersebut membuat catatan impresif. Dia memiliki statistik keunggulan duel terbanyak dibanding pemain lain, yaitu delapan kali.

Jay Idzes dan Calvin Verdonk saja cuma mengemas dua serta tiga kali menang duel dengan pemain lawan.

Belum lagi catatan keberhasilan tekel (dua kali) dan keberhasilan duel udara (empat kali) yang lebih baik dari penggawa Timnas Indonesia mana pun menurut data AFC.

Hilgers hanya kalah soal sapuan alias clearance. Dia cuma mengemas dua sapuan berbanding 13 milik Jay Idzes.

Statistik apik tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat Bahrain tidak bisa mencetak gol dari skema open play karena sulit menembus tembok pertahanan Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, dua gol Bahrain dibuat melalui situasi bola mati, satu tendangan bebas dan satu lagi dari sepak pojok.

Kesampingkan dulu aspek defensif. Debut Hilgers ternyata juga berkontribusi terhadap gol pertama Indonesia yang dicetak Ragnar Oratmangoen pada injury time babak pertama.

Hilgers mengawali serangan Timnas Indonesia yang berujung gol itu. Saat bola berada di kaki Ivar Jenner, sang bek tengah tiba-tiba sudah berada di kotak penalti Bahrain.

Bek 23 tahun itu menjadi pemain pertama yang menyambut umpan silang Ivar Jenner dan berujung kemelut di muka gawang Bahrain.

Ragnar tanpa kontrol langsung menyambar bola liar untuk membuat skor menjadi 1-1.

Penampilan yang sangat mengesankan itu kembali membuka kans Hilgers untuk menjadi starter di laga melawan China.

Timnas Indonesia dijadwalkan melawat ke markas China, Qingdao, pada 15 Oktober 2024, untuk melakoni laga keempat Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara itu, Mees Hilgers merupakan pemain anyar bagi Timnas Indonesia. Naturalisasinya baru rampung pada akhir September 2024.

Dia pun langsung mendapat panggilan dari Shin Tae-yong dan berdebut sebagai starter.

FC Twente juga memberikan ucapan selamat atas debut Hilgers di Instagram resmi klub.

"Mees, selamat atas debutmu," tulis Twente mengiringi unggahan foto Hilgers.